| dc.contributor.author |
Purwanto, Wawan |
|
| dc.date.accessioned |
2025-12-03T07:18:35Z |
|
| dc.date.available |
2025-12-03T07:18:35Z |
|
| dc.date.issued |
2021-10-25 |
|
| dc.identifier.uri |
http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/619 |
|
| dc.description.abstract |
Aspek pemasaran merupakan aspek yang sangat penting dalam memasarkan
produk hasil pertanian. Mekanisme pemasaran yang baik akan menguntungkan
semua pihak yang terlibat. Sebuah usahatani yang produksinya cukup bagus akan
gagal bila pemasarannya kurang baik. Saluran pemasaran memiliki peran penting
dalam kehidupan petani memasarkan produk pertaniannya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Saluran Pemasaran Umbi Porang Kelompok Tani
Gunung Segara Jaya di Desa Ciseuruh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten
Brebes dan menganalisis Marjin pemasarannya dan menghitung tingkat efisiensi
sistem pemasaran serta menganalisis keuntungan usahatani budidaya porang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif
dan deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk
menggambarkan saluran pemasaran yang dilakukan oleh kelompok tani tersebut
dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan alat bantu berupa
kuisioner dan Observasi langsung di lapangan sedangkan metode kuantitatif
digunakan untuk menghitung marjin pemasaran serta mengetahui tingkat efisiensi
pemasaran Umbi Porang Kelompok Tani Gunung Segara Jaya di Desa Ciseureuh
Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Hasil dari penelitian ini adalah
terdapat II Saluran pemasaran dengan masing-masing marjin di tiap saluran
adalah saluran I Rp.1000/Kg saluran II Rp. 1.500/Kg. Efisiensi pemasaran
dikatakan efisien karena menunjukan hasil di atas 50 % yaitu saluran I 85% dan
saluran II 75%. Kesimpulan dari saluran dan marjin pemasaran Umbi Porang
Kelompoktani Gunung Segara Jaya di Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan
Kabupaten Brebes sudah Efisien. Analisis keuntungan usahatani budidaya porang
sebesar Rp. 98.305.000/tahun/Ha dengan R/C Racio sebesar 2,55 sudah efisien
dan budidaya porang layak dikembangkan karena nilai R/C Ratio >1. |
en_US |
| dc.subject |
Saluran Pemasaran, Marjin Pemasaran, efesiensi pemasaran, efisiensi usahatani |
en_US |
| dc.title |
ANALISIS SALURAN PEMASARAN UMBI PORANG (Amorphophallus Muelleri Blume) KELOMPOK TANI GUNUNG SEGARA JAYA DI DESA CISEUREUH KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES |
en_US |