Analisis Dampak Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Ahmad Yani (Studi Kasus Pembangunan Proyek City Walk Kota Tegal)

UMUS Repository

Analisis Dampak Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Ahmad Yani (Studi Kasus Pembangunan Proyek City Walk Kota Tegal)

Show simple item record

dc.contributor.author Firmansyah, Dadang
dc.date.accessioned 2025-12-04T04:09:09Z
dc.date.available 2025-12-04T04:09:09Z
dc.date.issued 2022-07-26
dc.identifier.uri http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/665
dc.description.abstract Park Pemerintah Kota (pemkot) Tegal, Jawa tengah merevitalisasi kawasan Jalan Ahmad Yani, Salah satu kawasan pusat ekonomi di pusat kota itu akan disulap seperti Jalan Malioboro di Yogyakarta. Kawasan Jalan Ahmad Yani akan ditata menjadi kawasan city walk, Trotoar di sepanjang jalan tersebut diperlebar, sementara ruas jalan dipersempit dan dibuat satu arah. Selain untuk pejalan kaki, di sepanjang trotoar juga akan disediakan tempat untuk pedagang kuliner yang menggunakan food truck. Kursi-kursi dan sejumlah ornamen untuk mempercantik kawasan itu turut disediakan untuk tempat warga bersantai atau berfoto. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tarikan perjalanan menuju jalan Ahmad Yani Kota Tegal, kinerja ruas jalan akses masuk menuju kawasan City Walk Kota Tegal yang meliputi analisis terhadap kapasitas, volume lalu lintas, dan derajat kejenuhan akibat rencana pembangunan tersebut. Selain itu juga dianalisis kinerja simpang prioritas (volume lalu lintas, kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, dan peluang antrian) akses masuk menuju kawasan pembangunan City Walk Kota Tegal (simpang prioritas Jalan Pangeran Dionegoro dan jalan Ahmad Yani). Jenis survey lalu lintas yang digunakan dalam penelitian ini adalah traffic counting (TC). Tarikan perjalanan di Jalan Ahmad Yani adalah sebesar 222 skr/jam pada periode jam puncak yang terjadi pada pukul 6.35 – 7.35 WIB. Akibat aktivitas pembangunan City Walk Kota Tegal, ruas jalan Ahmad Yani yang memiliki kapasitas sebesar 871,2296 skr/jam diprediksi mengalami pertambahan volume lalu lintas dari 316,5 skr/jam menjadi 757,5 skr/jam pada periode jam puncak yang terjadi pada pukul 6.35-7.35 WIB. Sehingga nilai derajat kejenuhan berubah dari 0,36 menjadi 0,87. Untuk simpang prioritas jalan Ahmad Yani dan jalan Pangeran Diponegoro diprediksi mengalami pertambahan volume lalu lintas dari 634,5 skr/jam menjadi 1250 skr/jam, kapasitas simpang meningkat dari 2609,678 skr/jam menjadi 2799,692 skr/jam, derajat kejenuhan simpang meningkat dari 0,24 menjadi 0,45, dan tundaan simpang meningkat dari 6,85 detik/smp dengan peluang antrian 1,16 % - 10,81 % menjadi 9,28 detik/smp dengan peluang antrian 0,91 % - 21,62% en_US
dc.language.iso other en_US
dc.subject : Road Segment Performance, Priority IntersectionPerformance, Traffic Pull Tegal City City Walk Development Activities. en_US
dc.title Analisis Dampak Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Ahmad Yani (Studi Kasus Pembangunan Proyek City Walk Kota Tegal) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

Files Size Format View
222011800005- DADANG FIRMANSYAH.pdf 2.477Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record