|
Abstract:
|
Efisiensi Pemasaran Pada Industri Tempe (Rhizopus oryzae) di Desa Pagerbarang Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efisiensi pemasaran pada industri Tempe jika dilihat dari saluran pemasaran dan margin pemasaran. Metode yang digunakan yaitu metode gabungan (mixed methods) diperoleh dari data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penilitian ini memiliki 2 saluran pemasaran yang digunakan yaitu saluran I (produsen – konsumen) dan saluran II (produsen - pengecer - konsumen). Margin pemasaran yang diperoleh pada tiap perajin pun memiliki selisih, perajin I memperoleh Rp.300.000 , perajin II memperoleh Rp. 90.000 sedangkan perajin III memperoleh Rp. 250.000. Efisiensi pemasaran pada perajin I sebesar 83%, Efisiensi pemasaran pada perajin II 90% dan Efisiensi pemasaran pada perajin III sebesar 83%. Maka usaha Tempe di Desa Pagerbarang efisien untuk dikembangkan. |