| dc.contributor.author |
Alim, Bahrun |
|
| dc.date.accessioned |
2025-12-17T07:15:27Z |
|
| dc.date.available |
2025-12-17T07:15:27Z |
|
| dc.date.issued |
2022-10-12 |
|
| dc.identifier.uri |
http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/1115 |
|
| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 01 Luwunggede. b) pengaruh disiplin belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 01 Luwunggede. c) pengaruh manajemen kelas dan disiplin belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 01 Luwunggede. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian explanatory research, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara dua variabel atau lebih dengan tujuan untuk memperoleh data-data yang valid. Data penelitian yang digunakan yaitu a) kuisioner berupa data pertanyaan tertulis yang kemudian dibagikan ke responden untuk diisi. b) dokumentasi berupa gambar-gambar proses penelitian c) studi kepustakaan yang berisi referensi literatur yang mendukung penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan Manajemen kelas memiliki pengaruh positif sebesar 17,20% terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 01 Luwunggede kecamatan Tanjung. Disiplin belajar memiliki pengaruh positif sebesar 32,20% terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 01 Luwunggede kecamatan Tanjung. Manajemen kelas dan disiplin belajar siswa memiliki pengaruh positif secara simultan sebesar 42,90% terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 01 Luwunggede kecamatan Tanjung. |
en_US |
| dc.subject |
manajemen kelas, disiplin, motivasi |
en_US |
| dc.title |
PENGARUH MANAJEMEN KELAS DAN DISPLIN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR |
en_US |