| dc.description.abstract |
Handbook bisa dikatakan mempunyai kedudukan yang lumayan berarti
dalam proses pendidikan di kelas. Bila tidak terdapat handbook tata cara PQRST,
hingga proses pendidikan drama berbasis naskah tidak hendak efisien serta tidak
hendak tercapai tujuan yang diharapkan. Handbook ialah salah satu penunjang
dalam pemilihan tata cara di dalam proses pendidikan khusunya pada modul
drama berbasis naskah.
Berdasarkan latar belakang tersebut, dirumuskan permasalahan penelitian
sebagai berikut : (1) bagaimana kebutuhan pengembangan metode pembelajaran
PQRST berbasis naskah dalam pembelajaran drama berdasarkan persepsi guru
dan peserta didik; (2) bagaimana draf metode PQRST dalam pembelajaran
drama berbasis naskah peserta didik; (3) bagaimana uji validasi metode
pembelajaran PQRST berbasis naskah pada pembelajaran drama. Adapun tujuan
penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan metode
pembelajaran PQRST berbasis naskah pada pembelajaran drama (2)
mendeskripsikan draf metode pembelajaran PQRST berbasis naskah pada
pembelajaran drama (3) menjelaskan hasil uji validasi metode pembelajaran
PQRST berbasis naskah pada pembelajaran drama.
Riset ini memakai pendekatan R&D( Reseach and Development) dengan
langkah riset ialah( 1) Sesi I( riset pendahuluan serta dini pengembangan)( 2)
Sesi II( pengembangan)( 3) Sesi III( validasi). Informasi dalam riset ini meliputi
informasi kebutuhan pengembangan handbook tata cara PQRST bagi anggapan
guru serta partisipan didik, draf handbook tata cara PQRST, serta hasil evaluasi
pakar.
Hasil penelitian ini adalah (1) kebutuhan pengembangan handbook
metode PQRST menurut peserta didik dan guru, yaitu dibutuhkan modul dalam
pembelajaran drama, adanya naskah yang digunakan untuk pembelajara drama,
bentuk naskah yang bergambar dan berwarna agar lebih menarik, dari segi
format tulisan atau font lebih dibesarkan lagi, bagian tabel yang harus lebih
jelas. (2) draf handbook metode PQRST meliputi cover handbook metode
PQRST, bentuk dan ukuran kertas handbook, materi atau isi serta penyajian
implementasi metode PQRST pada pembelajaran drama berbasis naskah. (3)
hasil uji validasi handbook metode PQRST pada pembelajaran drama berbasis
naskah menytaakan handbook layak digunakan dengan hasil skor rata-rata
senilai 81,25% yang dikategorikan sangat layak.
Saran yang direkomendasikan adalah (1) guru sebaiknya menggunakan
handbook metode PQRST pada pembelajaran drama berbasis naskah sebagai
pilihan panduan penggunaan metode selama proses pembelajaran drama. (2) peserta didik seyogyanya menggunakan handbook metode PQRST sebagai
sumber pegangan selama mengikuti pembelajaran drama berbasis naskah. (3)
penelitian ini dapat melakukan penelitian lanjutan tentang handbook metode
PQRST pada pembelajaran drama berbasis naskah agar memperoleh saran yang
lebih mendalam. |
en_US |