PENGEMBANGAN METODE PQRST PADA PEMBELAJARAN DRAMA BERBASIS NASKAH PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 KETANGGUNGAN

UMUS Repository

PENGEMBANGAN METODE PQRST PADA PEMBELAJARAN DRAMA BERBASIS NASKAH PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 KETANGGUNGAN

Show simple item record

dc.contributor.author ARISKA, AAS
dc.date.accessioned 2025-12-17T07:23:41Z
dc.date.available 2025-12-17T07:23:41Z
dc.date.issued 2022-10-12
dc.identifier.uri http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/1117
dc.description.abstract Handbook bisa dikatakan mempunyai kedudukan yang lumayan berarti dalam proses pendidikan di kelas. Bila tidak terdapat handbook tata cara PQRST, hingga proses pendidikan drama berbasis naskah tidak hendak efisien serta tidak hendak tercapai tujuan yang diharapkan. Handbook ialah salah satu penunjang dalam pemilihan tata cara di dalam proses pendidikan khusunya pada modul drama berbasis naskah. Berdasarkan latar belakang tersebut, dirumuskan permasalahan penelitian sebagai berikut : (1) bagaimana kebutuhan pengembangan metode pembelajaran PQRST berbasis naskah dalam pembelajaran drama berdasarkan persepsi guru dan peserta didik; (2) bagaimana draf metode PQRST dalam pembelajaran drama berbasis naskah peserta didik; (3) bagaimana uji validasi metode pembelajaran PQRST berbasis naskah pada pembelajaran drama. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan metode pembelajaran PQRST berbasis naskah pada pembelajaran drama (2) mendeskripsikan draf metode pembelajaran PQRST berbasis naskah pada pembelajaran drama (3) menjelaskan hasil uji validasi metode pembelajaran PQRST berbasis naskah pada pembelajaran drama. Riset ini memakai pendekatan R&D( Reseach and Development) dengan langkah riset ialah( 1) Sesi I( riset pendahuluan serta dini pengembangan)( 2) Sesi II( pengembangan)( 3) Sesi III( validasi). Informasi dalam riset ini meliputi informasi kebutuhan pengembangan handbook tata cara PQRST bagi anggapan guru serta partisipan didik, draf handbook tata cara PQRST, serta hasil evaluasi pakar. Hasil penelitian ini adalah (1) kebutuhan pengembangan handbook metode PQRST menurut peserta didik dan guru, yaitu dibutuhkan modul dalam pembelajaran drama, adanya naskah yang digunakan untuk pembelajara drama, bentuk naskah yang bergambar dan berwarna agar lebih menarik, dari segi format tulisan atau font lebih dibesarkan lagi, bagian tabel yang harus lebih jelas. (2) draf handbook metode PQRST meliputi cover handbook metode PQRST, bentuk dan ukuran kertas handbook, materi atau isi serta penyajian implementasi metode PQRST pada pembelajaran drama berbasis naskah. (3) hasil uji validasi handbook metode PQRST pada pembelajaran drama berbasis naskah menytaakan handbook layak digunakan dengan hasil skor rata-rata senilai 81,25% yang dikategorikan sangat layak. Saran yang direkomendasikan adalah (1) guru sebaiknya menggunakan handbook metode PQRST pada pembelajaran drama berbasis naskah sebagai pilihan panduan penggunaan metode selama proses pembelajaran drama. (2) peserta didik seyogyanya menggunakan handbook metode PQRST sebagai sumber pegangan selama mengikuti pembelajaran drama berbasis naskah. (3) penelitian ini dapat melakukan penelitian lanjutan tentang handbook metode PQRST pada pembelajaran drama berbasis naskah agar memperoleh saran yang lebih mendalam. en_US
dc.subject handbook; Metode PQRST; naskah drama en_US
dc.title PENGEMBANGAN METODE PQRST PADA PEMBELAJARAN DRAMA BERBASIS NASKAH PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 KETANGGUNGAN en_US


Files in this item

Files Size Format View
88201180001-AAS ARISKA.pdf 3.475Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record