| dc.description.abstract |
Pendidikan merupakan salah satu unsur kehidupan yang paling mendasar. Situasidi lapangan menunjukkan bahwa dalam proses belajar mengajar masih terdapat kendala yang dihadapi pendidik terutama untuk pelajaran bahasa Indonesia. Pendidik telah memilih strategi yang baik, tetapi ada beberapa kendala tersebut misalnya kesulitan pengajaran baik dalam pengajaran dan dari peserta didik itu sendiri. Masalah yang ada di pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi menulis teks prosedur juga terjadi di SMK Negeri 1 Kersana. Hasil wawancara yang dilakukan terhadap gurusbahasa Indonesia kelas XI SMK Negeri 1 Kersana kabupaten Brebes menjelaskan data, bahwa peserta didik yang belum mencapai KKM terbilang cukup tinggi, yaitu 65% dari 36 anak, sedangkan KKM untuk mata pelajaran bahasa Indonesia yaitut78. Artinya ada 24 anak yang belum dapat mencapai KKM dengan nilai rata-rata yaitu 70, sedangkan 12 anakxyang lain sudah berhasil mencapai KKM dengan nilai rata-rata yang di dapat yaitu 89. Tujuan penelitianwini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran scrapbook dalam materi menulis teks prosedur pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Kersana. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu jenis penelitian Research and Development (R&D). Tahap-tahap yang dilakukan untuk meneliti jenis penelitian Research and Development (R&D) antara lain 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desai produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi desain. Sampel dari peenltian ini yaitu peserta didik kelas XI Teknik Pengelasan (Welding), XI Teknik Kendaraan Ringan (TKR), dan XI Multimedia total keseluruhan peserta didik yang dijadikan sampel oleh peneliti yaitu sabanyak 87 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalamspenelitian ini antara lain; observasi, wawancara, kuisonera(angket), dan dokumentasi. Hasil validasi penelitian ini yaitu aspek kontensatau isi yang terdiri dari tujuh komponen valid. Hal ini dibuktikan dengan skor keselruhan yang dicapai yaitu 87,21, aspek kelayakan penyajian yang terdiri dari tiga komponen valid. Hal ini dibuktikan dengan total skor nilai yang diperoleh yaitu 91,25, dimana aspek kebahasaan dua unsur sudah sesuai. Ini terbukti memiliki skor total 93,5, dan aspekikegrafikaan yang terdiri dari lima komponen sudah sesuai. Hal ini dibuktikan dengan perolehanxtotal nilai yang diperoleh yaitu 89, pada total skor untuk media pembelajaran Scrapbook dalam materi menulis teks prosedur pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Kersana yaitu 360,96. Denganodemikian, maka media pembelajaran ini dinyatakan layak untuk digunakan dengan revisi. |
en_US |