| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) untuk mengetahui tindak tutur lokusi dalam wacana iklan produk kecantikan di instagram, (2) ) untuk mengetahui tindak tutur Ilokusi dalam wacana iklan produk kecantikan di instagram, (3) ) untuk mengetahui tindak tutur Perlokusi dalam wacana iklan produk kecantikan di instagram.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pragmatik. Penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan wujud bentuk tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi dalam wacana iklan produk kecaantikan di instagram.
Penelitian ini telah membahas pokok masalah mengenai tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam wacana iklan produk kecantikan di instagram. berikut 3 hal yang dapat disimpulkan.
Hasil ananlisis tindak tutur terdapat 20 data bentuk tindak tutur dalam wacana iklan produk kecaantikan di instagram yang diambil dari postingan bulan Juli 2021 sampai postingan bulan Juli 2022. Terdapat 20 hasil analisis data yaitu 5 data tindak tutur lokusi, 10 data tindak tutur ilokusi, dan 5 data tindak tutur perlokusi. |
en_US |