| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter melalui kesantunan berbahasa pada anak usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal (RA) Man'baul Huda Siasem. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan Teknik observasi dan teknik wawancara. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis dengan menggunakan metode padan dan teknik analisis pilah unsur tertentu.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa : 1) kondisi kesantunan berbahasa pada anak usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal (RA) Man’baul Huda Siasem, yaitu sekolah melakukan upaya untuk meminimalisir dampak penyimpangan kesantunan berbahasa dengan melakukan beberapa upaya yaitu : (a) dengan melakukan peringatan lisan atau peneguran secara langsung kepada anak apabila melakukan kesalahan, apanila peringatan lisan tidak berjalan, maka akan diperingatkan secara tulisan atau menggunakan surat teguran yang akan diberikan kepada orang tua anak; (b) sekolah melakukan program home visit. programini dilakukan oleh pihak sekolah untuk menjalin hubungan lebih dekat dengan anak dan orang tua anak; (c) Sekolah bekerjasama dengan orang tua untuk membatasi penggunaan media sosial atau handphone. 2) upaya menerapkan penidikan karakter pada anak usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal (RA) Man’baul Huda Siasem, yaitu (1) sekolah melakukan kegiatan pendahuluan, (2) kegiatan inti dan, (3) kegiatan penutup. |
en_US |