PENGARUH MEDIA WAYANG KARTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 1 KERSANA

UMUS Repository

PENGARUH MEDIA WAYANG KARTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 1 KERSANA

Show simple item record

dc.contributor.author Hidayatullah, Syarif
dc.date.accessioned 2025-12-18T01:45:24Z
dc.date.available 2025-12-18T01:45:24Z
dc.date.issued 2022-10-12
dc.identifier.uri http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/1143
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh media pembelajaran wayang kartun terhadap keterampilan menulis cerita pendek (cerpen). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Materi pelajaran yang digunakan dalam penelitian yaitu materi menulis cerita pendek (cerpen). Penelitian ini dianalisis dengan uji hopotesis uji paired sample t test dan uji independent sample t test. Hasil yang diperoleh dari uji paired sample t nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Nilai t hitung yaitu 15,783 dan nilai t tabel yaitu 2,086. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai t hitung 10,883 > t tabel 2,086. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata antara hasil pretest dengan nilai rata-rata hasil posttest pada kelas eksperimen. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran wayang kartun terhadap keterampilan menulis cerpen peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Kersana. Hasil yang diperoleh dari uji independent sample t test nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Nilai t hitung yaitu 16,900 dan nilai t tabel yaitu 2,021. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai t hitung 16,900 > t tabel 2,021. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata antara hasil posttest kelas eskperimen (menggunakan media wayang kartun) dengan nilai rata-rata hasil posttest kelas kontrol (tidak menggunakan media wayang kartun). Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran wayang kartun terhadap keterampilan menulis cerpen peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Kersana. Secara deskriptif terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil posttest keterampilan menulis cerpen kelas eskperimen (menggunakan media wayang kartun) dengan rata-rata nilai hasil posttest keterampilan menulis cerpen kelas kontrol (tidak menggunakan media wayang kartun). Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai hasil posttest kelas eskperimen yang lebih tinggi dari rata-rata nilai hasil posttest kelas kontrol. Nilai rata-rata hasil posttest kelas kontrol yaitu 65,24; sedangkan nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen yaitu 87,86. en_US
dc.subject media pembelajaran wayang kartun, keterampilan menulis, cerpen en_US
dc.title PENGARUH MEDIA WAYANG KARTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 1 KERSANA en_US


Files in this item

Files Size Format View
88201180030- SYARIF HIDAYATULLAH.pdf 4.501Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record