|
Abstract:
|
Media pembelajaran yaitu alat atau bentuk stimulus yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Selain itu media juga harus merangsang peserta didik untuk mengingat yang sudah dipelajari selain memberikan rangsangan belajar dengan suasana yang baru. Dalam proses pembelajaran di sekolah ada beberapa bidang ilmu yang disajikan kepada siswa, semuanya bertujuan agar siswa menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang kelak bermanfaat bagi dirinya dan dapat bersaing dengan dunia kerja yang ada. Setiap bidang ilmu itu mengandung tiga unsur yaitu kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan sikap psikomotorik (ketrampilan). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil keefektifan penggunaan media audio visual youtube musik pop dalam pembelajaran menulis puisi kelas X SMK Islam Manbaul Hikmah terhadap pembelajaran menulis puisi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini dilakukan dikelas X SMK Islam Manbaul Hikmah. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimental design. Teknik pengumpulan data berupa tes sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif, uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis. Hasil penelitian Ketentuan yang digunaan yaitu Jika P < 0,01 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai P pada tabel yaitu 0,00 < 0,01. Dari Nilai rata rata pretes-Postes kelas eksperimen dapat dilihat perbedaan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebelum adanya penggunaan audiovisual nilainya 77,3684 dan setelah penggunaan media audiovisual nilai rata-rata nya meningkat menjadi 87,1579. Sehingga dapat dikatakan bahwa Penggunaan Media Audio Visual Youtube Musik Pop dalam pembelajaran Menulis Puisi Kelas X Kelas Eksperimen di SMK Islam Manbaul Hikmah dikatakan efektif, dan terdapat perbedaan bermakna secara statistik atau signifikan pada probabilitas 0,01. |