STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI KOPI ARABIKA ( Coffe arabica L ) DI DESA PANDANSARI KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES

UMUS Repository

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI KOPI ARABIKA ( Coffe arabica L ) DI DESA PANDANSARI KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES

Show simple item record

dc.contributor.author FATONI, AHMAD
dc.date.accessioned 2025-11-18T03:31:40Z
dc.date.available 2025-11-18T03:31:40Z
dc.date.issued 2023-11-05
dc.identifier.uri http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/274
dc.description.abstract Kopi merupakan salah satu tanaman pekebunan dan komoditas yang diperdagangkan di Indonesia karena dapat menghasilkan devisa negara selain minyak sawit, karet dan kakao. Potensi pasar kopi di Indonesia terbilang sangat besar dan dapat membuka peluang ekspor. Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes perlu didorong supaya meningkatkan luas lahan produksi kopi arabika untuk memenuhi akan kebutuhan kopi arabika baik dalam skala kecil atau menengah. Dalam rangka meningkatkan luas lahan produksi dan total produksi kopi arabika atau cara memaksimalkan dan menaikkan total produksi dengan kondisi lahan yang ada maka perlu dilakukan “Strategi Pengembangan Usahatani Kopi arabika (Coffe arabica L) di Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes”. Dalam mengembangkan usahanya, kelompok tani menghadapi beberapa identifikasi masalah antara lain Bagaimana keuntungan petani Kopi Arabika (Cofee arabica L) di Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes dan Apa saja faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) dalam Strategi Pengembangan Usahatani Kopi Arabika (Coffe arabica L) di Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara secara sistematik dengan panduan wawancara berupa kuesioner kepada 20 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis pendapatan, analisis SWOT dan Strategi Pengembangan. Hasil penelitian menunjukan rata-rata produksi usahatani kopi arabika sebesar 519 kg per ha, dengan biaya produksi yang dikeluarkan selama proses produksi sebesar Rp. 590.000,- per ha dan biaya variabel Rp. 1.304.000-, sehingga diperoleh pendapatan usaha kopi arabika sebesar Rp. 803.400,- per ha / tahun; hasil analis SWOT menunjukan faktor internal berupa kekuatan dengan nilai 1,62 dan kelemahan memiliki nilai 0,68, sedangkan faktor eksternal meliputi peluang dengan 1,86 dan ancaman bernilai 0,68, sehingga didapati titik strategi adalah 1.18 : 0,93, yakni berada dalam kuadaran I yang memungkinkan untuk menerapkan strategi agresif yaitu menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Strategi pengembangan kopi arabika antara lain penguatan motivasi kelompok, perlu adanya pelatihan agribisnis bagi petani, mengikuti pelatihan marketing digital, perlu diadakan penyuluhan kepada petani, pertemuan rutin kelompok dan mencoba menggunkan media sosial sebagai sarana promosi en_US
dc.subject Keuntungan, analisis SWOT, Strategi, Kopi Arabika. en_US
dc.title STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI KOPI ARABIKA ( Coffe arabica L ) DI DESA PANDANSARI KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES en_US


Files in this item

Files Size Format View
54201180007_Ahmad Fatoni_Agribisnis.pdf 2.299Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record