KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE WORDWALL DALAM MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS X SMK MA’ARIF NU 01 WANASARI TAHUN 2023

UMUS Repository

KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE WORDWALL DALAM MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS X SMK MA’ARIF NU 01 WANASARI TAHUN 2023

Show full item record

Title: KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE WORDWALL DALAM MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS X SMK MA’ARIF NU 01 WANASARI TAHUN 2023
Author: Lubna
Abstract: Berdasarkan latar belakang tersebut, dirumuskan permasalahan penelitian sebagai berikut: (1) bagaimana pembelajaran menulis teks biografi tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall (2) bagaimana pembelajaran menulis teks biografi dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall (3) bagaimanakah hasil dari uji keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall dalam menulis teks biografi pada kurikulum merdeka kelas X SMK Ma’arif NU 01 wanasari. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks biografi tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall (2) untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran menulis tes biografi dengan menggunkan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall (3) menguji keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall dalam menulis teks biografi pada kurikulum merdeka kelas X SMK Ma’arif NU 01 Wanasari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Quasi experimental Design atau kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes dan instrumen non tes. Hasil penelitian ini adalah (1) nilai terendah pada pretest kelas kontrol 55 dan nilai tertinggi 80 dengan rata-rata nilai 66,00 Sedangkan nilai terendah postest pada kelas kontrol 65 dan nilai tertinggi 85 dengan rata-rata nilai 71,60. (2) nilai terendah pada pretest kelas eksperimen 55 dan nilai tertinggi 75 dengan rata-rata nilai 66,80. Sedangkan nilai terendah postest kelas eksperimen 70 dan tertinggi 95 dengan rata-rata nilai sebesar 80,80. (3) hasil uji keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall dalam menulis teks biografi pada kurikulum merdeka kelas X SMK Ma’arif NU 01 Wanasari efektif dengan bukti uji t yang menyatakan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada hasil postest kelas kontrol dan kelas eksperimen . berdasarkan hasil tabel independent sample test di peroleh t hitung =5,365 sedangkan t tabel =1,714. Dilihat pada hasil tersebut, artinya t hitung > t tabel . dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukan adanya pengaruh yang signifikan. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa media pembelajaran interaktif erbasis website wordwall dalam menulis teks biografi dalam kurikulum merdeka kelas X SMK MA’arif NU 01 Wanasari dilatakan efektif.
URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/388
Date: 2023-10-05


Files in this item

Files Size Format View
88201190006_LUBNA_PBSI.pdf 4.623Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record