|
Abstract:
|
Berdasarkan latar belakang tersebut, dirumuskan permasalahan penelitian
sebagai berikut: (1) bagaimana pembelajaran menulis teks biografi tanpa
menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall (2)
bagaimana pembelajaran menulis teks biografi dengan menggunakan media
pembelajaran interaktif berbasis website wordwall (3) bagaimanakah hasil dari uji
keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall dalam
menulis teks biografi pada kurikulum merdeka kelas X SMK Ma’arif NU 01
wanasari. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan
pembelajaran menulis teks biografi tanpa menggunakan media pembelajaran
interaktif berbasis website wordwall (2) untuk mendeskripsikan bagaimana
pembelajaran menulis tes biografi dengan menggunkan media pembelajaran
interaktif berbasis website wordwall (3) menguji keefektifan media pembelajaran
interaktif berbasis website wordwall dalam menulis teks biografi pada kurikulum
merdeka kelas X SMK Ma’arif NU 01 Wanasari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Quasi experimental Design atau kuasi
eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes dan instrumen non tes.
Hasil penelitian ini adalah (1) nilai terendah pada pretest kelas kontrol 55
dan nilai tertinggi 80 dengan rata-rata nilai 66,00 Sedangkan nilai terendah postest
pada kelas kontrol 65 dan nilai tertinggi 85 dengan rata-rata nilai 71,60. (2) nilai
terendah pada pretest kelas eksperimen 55 dan nilai tertinggi 75 dengan rata-rata
nilai 66,80. Sedangkan nilai terendah postest kelas eksperimen 70 dan tertinggi 95
dengan rata-rata nilai sebesar 80,80. (3) hasil uji keefektifan media pembelajaran
interaktif berbasis website wordwall dalam menulis teks biografi pada kurikulum
merdeka kelas X SMK Ma’arif NU 01 Wanasari efektif dengan bukti uji t yang
menyatakan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada hasil postest kelas
kontrol dan kelas eksperimen . berdasarkan hasil tabel independent sample test di
peroleh t hitung =5,365 sedangkan t tabel =1,714. Dilihat pada hasil tersebut,
artinya t hitung > t tabel . dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukan adanya
pengaruh yang signifikan. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa media
pembelajaran interaktif erbasis website wordwall dalam menulis teks biografi
dalam kurikulum merdeka kelas X SMK MA’arif NU 01 Wanasari dilatakan
efektif. |