PENGEMBANGAN MODUL AJAR INTERAKTIF MATERI SATU TITIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL BREBES UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SDIT ASSIYADAH

UMUS Repository

PENGEMBANGAN MODUL AJAR INTERAKTIF MATERI SATU TITIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL BREBES UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SDIT ASSIYADAH

Show full item record

Title: PENGEMBANGAN MODUL AJAR INTERAKTIF MATERI SATU TITIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL BREBES UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SDIT ASSIYADAH
Author: Handayani, Sri Dewi
Abstract: Perkembangan teknologi semakin meningkat. Hal ini terbukti dengan tergantinya teknologi cetak dengan teknologi Komputer yang digunakan dalam pembelajaran. Istilah tergantinya media cetak ini melahirkan nama baru dalam dunia pendidikan, yaitu modul ajar interktif. Modul ajar yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu modul ajar pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV. IV menjadi modul interaktif. Modul interaktif diharapkan dapat meningkatkan kompetensi belajar peserta didik terutama pada minat baca dan pemahaman bacaan peserta didik Berdasarkan latar belakang tersebut, dirumuskan permasalahan penelitian sebagai berikut : (1) Bagaimana kebutuhan pengembangan modul interaktif materi Satu Titik berbasis kearifan lokal Brebes bagi guru dan peserta didik?, (2) Bagaimanakah draf modul interaktif berbasis kearifan lokal Brebes pada peserta didik?, (3) Bagaimanakah uji kelayakan modul interaktif materi Satu Titik berbasis kearifan lokal Brebes untuk peserta didik kelas IV SD Islam Terpadu Assiyadah?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kebutuhan pengembangan modul interaktif materi Satu Titik berbasis kearifan lokal Brebes bagi guru dan peserta didik, (2) Mengetahui draf modul interaktif materi satu titik berbasis kearifan lokal Brebes pada peserta didik, (3) Mengetahui uji kelayakan modul interaktif materi satu titik berbasis kearifan lokal Brebes untuk peserta didik kelas IV SD Islam Terpadu Assiyadah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dari S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel pada tahun 1974 yang memiliki beberapa tahapan yaitu Define ( pendefinisian ), Design ( perancangan ), Develop ( pengembangan ), dan Dissiminate ( Penyebaran ).pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kebutuhan pendidik dan peserta didik, dan angket validasi materi serta media. Hasil penelitian ini adalah (1) pengembangan modul interaktif berbasis kearifan lokal Brebes menurut pendidik dan peserta didik, yaitu dibutuhkan modul interaktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi Satu Titik yaitu dibutuhkan pengembangan modul interaktif materi Satu Titik berbasis kearifan lokal Brebes dalam pembelajaran, (2) draf modul interaktif meliputi 3 struktur yaitu: pendahuluan, isi dan penutup. (3) hasil uji validasi modul interaktif materi Satu Titik berbasis kearifan lokal Brebes validasi ahli materi menyatakan bahwa modul layak digunakan dengan hasil skor rata-rata senilai 92,22% dengan kategori sangat layak dan validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,71 dengan kategori sangat layak.Saran yang direkomendasikan adalah untuk peserta didik, diharapkan peserta didik lebih semangat dan antusias dalam proses pembelajaran. Sehingga dengan adanya modul interaktif ini tujuan pembelajaran dan capaian pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Untuk pendidik, diharapkan modul ini dapat digunakan oleh pendidik sebagai salah satu contoh variasi perangkat ajar dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini dilakukan agar pendidik maupun peserta didik tidak monoton dalam melaksanakan pembelajaran. Untuk peneliti selanjutnyamyaitu modul yang telah dikembangkan ini hanya berfokus pada satu bab saja sehingga harapan kedepannya dapat mengembangkan modul dengan materi yang lebih luas. Sehingga kebermanfaatan modul yang dikembangkan akan lebih besar.
URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/401
Date: 2023-10-17


Files in this item

Files Size Format View
88201190013-SRI DEWI HANDAYANI-PBSI.pdf 6.441Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record