|
Abstract:
|
Kurang aktifnya siswa dalam belajar bahasa Indonesia disebabkan oleh
kurangnya pemahaman siswa tentang manfaat belajar Bahasa Indonesia dan
perannya terhadap kehidupan di masa mendatang. Tujuan Penelitian ini adalah :
1) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan siswa di masa pandemi covid-19
terhadap Hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, 2) Untuk
mengetahuipengaruh perhatian orang tua terhadap Hasil belajar mata pelajaran
Bahasa Indonesia, 3) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan perhatian
orang tua di masa pandemi covid-19 terhadap Hasil belajar mata pelajaran Bahasa
Indonesia . Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah
responden 30 siswa kelas X SMK Bhakti Utama NU Songgom Tahun Ajaran
2021/2022. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Kedisiplinan berpengaruh
terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Bhakti Utama
NU Songgom. Dibuktikan dengan nilai thitung 1,505 lebih besar dari dari ttabel
sebesar 0.144 dan nilai signifikansi sebesar 1,505> 0,05. 2) Perhatian Orangtua
berpengaruh terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Bhakti Utama
NU Songgom.. Dibuktikan dengan nilai thitung-3,465 lebih besar dari dari ttabel
sebesar -2,0518 dan nilai signifikansi sebesar 0,002< 0,05, dan 3) Kedisiplinan
dan Perhatian Orangtua secara simultan mempunyai pengaruh yang positif
terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Bhakti Utama NU
Songgom. Dibuktikan dengan nilai Fhitung 60,005 lebih besar dari Ftabel sebesar
2,96 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. |