|
Abstract:
|
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter
melalui peran guru untuk mengantisipasi kenakalan peserta didik. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif melalui pendekatan studi kasus.
Menggunakan kebasahan data triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data,
reduksi data, data display( penyajian data), dan verification. Hasil penelitian
menunjukan bahwa (1)Pembentukan karakter melalui peran guru untuk
mengantisipasi kenakalan peserta didik dilakukan melalui sholat, di sekolah,
permainan tradisional, dan melalui dongeng. (2) Peran yang dimiliki oleh guru
sebagai pendidik, pelatih, cinta peserta didik, komunikator, kolekor dan fasilitator
dalam penguatan dan pengembangan karakter yang dilakukan oleh guru kepada
peserta didik. (3) upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kenakalan peserta
didik melalui upaya preventif(pencegahan), Upaya Kuratif dan pembinaan.
Dengan adanya pembentukan karakter melalui peran guru dapat memberikan
penanaman karakter serta pengembangan karakter yang dimiliki peserta didik
menjadi lebih baik dalam mengantisipasi kenakalan. |