Primary School Teacher Education
Browse by
Recent Submissions
-
Dewi, Diana Mustika (October 7, 2021)[more][less]
Abstract: Berdasarkan hasil penelitian observasi awal diSdn Keboledan 01 terdapat beberapa peserta didik yang mengalami penurunan nilai. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah adakah Perhatian Orang Tua dan Kinerja Guru terhadap hasil belajar siswa SD Negeri Keboledan 01. Baik secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap hasil belajar siswa di SD N Keboledan 01. (2) Mengetahui pengaruh Kinerja Guru terhadap hasil belajar siswa di SD N Keboledan 01. (3) Mengetahui pengaruh Perhatian orangtua dan Kinerja guru terhadap hasil belajar siswa di SD N Keboledan 01. Sumber data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Keboledan 01 yang berjumlah 30 siswa. Peneliti mengambil teknik sensus, yaitu mengambil keseluruhan populasi sebagai objek penelitian. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu Perhatian Orang tua (X1) dan Kinerja guru (X2) serta variabel terikat yaitu hasil belajar (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perhatian Orang Tua dan kinerja guru dalam model regresi sebesar 44,4% berpengaruh terhadap hasil belajar dan 55,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak menjadi variabel dalam penelitian ini. Simpulan penelitian ini adalah Perhatian Orang Tua tidak berpengaruh banyak terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri Keboledan 01. Kinerja guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri Keboledan 01. Perhatian Orang Tua dan kinerja guru secara simultan mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri Keboledan 01. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/995 Files in this item: 1
86206170057_Diana Mustika Dewi_PGSD.pdf (2.977Mb) -
Aliyah (October 7, 2021)[more][less]
Abstract: Student responsibility is currently low for meres both at home and school. The purpose of this study is to find out and analyze the influence of parental guidance on the learning achievement of students of class V of Dukuhsalam State Elementary School 02, Losari, Brebes; influence of learning interest on the learning achievement of students of class V Dukuhsalam State Elementary School 02, Losari, Brebes; influence of parental guidance and learning interests on the learning achievement of students of class V Dukuhsalam State Elementary School 02, Losari, Brebes. This research uses a quantitative approach using this type of explanatory research through associative research, which aims to explain the relationship between two or more variables with the aim of obtaining valid data. Research data used is subject data in the form of opinions, attitudes, experiences or characteristics of a person or group of people who are the subject of research. Data obtained by using a) questionnaire in the form of a list of questions in writing which is then shared with respondents to be filled out, b) primary documents in the form of answers to questionnaire results from respondents, c) literature studies derived from several literatures and other supporting readings. The results of this study are known to score the R correlation coefficient of 0.557, stating the contribution of independent variable parental guidance (X1) and interest in learning (X2) by 55.70% in explaining the variability of variables depending on student learning achievement (Y) in Dukuhsalam State Elementary School 02, Losari, Brebes. The correlation coefficient states the strong simultaneous influence of independent variables of parental guidance and learning interests on dependent variables of student learning achievement. Based on the multiple regression equations can be interpreted that each increase of one unit of parental guidance variable (X1) and interest in learning (X2) will increase the variable of student learning achievement by 0.071 units of parental guidance, plus 0.097 units of learning interest, at constant 68,078. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/994 Files in this item: 1
86206170054_Aliyah_PGSD.pdf (5.536Mb) -
Ikrom, Muhammad (October 7, 2021)[more][less]
Abstract: Pandemi Covid-19 merubah pembelajaran yang signifikan, tatap muka dihentikan sementara di tengah wabah yang melanda. Guru tetap menjalankan tugasnya agar kurikulum tetap berjalan. Guru dan orang tua harus membangun komunikasi agar peserta didik dapat memahami setiap tugas-tugas yang diberikan oleh guru pada pembelajaran luring ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pendampingan belajar peserta didik dimasa pandemi covid-19 berbasis luring di SDN Temukerep 02, proses pembelajaran yang ada di sekolah maupun dirumah dan kendala yang di hadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran luring di SDN Temukerep 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, melalui instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Temukerep 02.Hasil penelitian menunjukan bahwa proses kegiatan pembelajaran di SDN Temukerep 02 menggunakan pembelajaran luring yaitu dilakukan di sekolah dan di rumah, setiap minggunya di jadwalkan untuk setiap kelas agar tidak berangkat secara serentak, kemudian untuk model pendampingan belajar yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik yaitu menggunakan 3 model pendampingan, model pendampingan langsung, model pendampingan kooperatif dan model pendampingan belajar kontekstual, serta untuk kendala yang di hadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran luring di SDN Temukerep 2 yaitu terkendala pesert didik yang sering tidak hadir semua sehingga menghambat proses pembelajaran di sekolah maupun di rumah, selain itu untuk guru yang rumahnya jauh dari sekolah akan mengeluarkan banyak biaya untuk transportasi mereka. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/993 Files in this item: 1
86206170053_Muhammad Ikrom_PGSD.pdf (4.139Mb) -
Yunus, Muhamad (October 7, 2021)[more][less]
Abstract: Student behavior certainly cannot be separated from the habits of learning in school, therefore a teacher and parents must care about what is experienced and the changes that occur in students or children. The purpose of the study was to find out and analyze a) the influence of social support on the learning behavior of grade VI elementary school students; b) the influence of the role of parents on the learning behavior of grade VI elementary school students; c) the influence of social support and the role of parents together on the learning behavior of grade VI elementary school students. This research uses a quantitative approach using this type of explanatory research through associative research, which aims to explain the relationship between two or more variables with the aim of obtaining valid data. Research data used is subject data in the form of opinions, attitudes, experiences or characteristics of a person or group of people who are the subject of research. Data obtained by using a) questionnaire in the form of a list of questions in writing which is then shared with respondents to be filled out, b) primary documents in the form of answers to questionnaire results from respondents, c) literature studies derived from several literatures and other supporting readings. Data analysis techniques are processed with the help of spss application version 25. The results of this study are known the value of the R correlation coefficient of 0.635 states the contribution of independent variables of social support (X1) and the role of parents (X2) of 63.50% in explaining the variability of variables depending on student learning behavior (Y) at Prapag Kidul State Elementary School 01, Losari, Brebes. The correlation coefficient of 0.635 states the strong simultaneous influence of independent variables of social support and the role of parents on dependent variables of student learning behavior.Based on multiple regression equations it can be interpreted that each increase of one unit of social support variable (X1) and parental role (X2) will increase the student learning behavior variable by 0.476 units of social support, plus 0.253 units of parental roles, at constant 45,833. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/990 Files in this item: 1
86206170051_Muhammad Yunus_PGSD.pdf (3.303Mb) -
Salamah, Ulyatus (October 7, 2021)[more][less]
Abstract: Students' motivation to keep an eye on learning materials is weakening. A less harmonious family environment can also be a weak factor in learning motivation in children. Motivation becomes very important to influence students in learning activities. Motivation is one of the most important elements in effective teaching. Students motivated to learn something will use higher cognitive processes of learning and absorbing and remembering more than that. Motivation as an internal process that enables, guides and maintains behavior over time. The purpose of this study is to find out and analyze a) the influence of internet utilization as a learning resource on students' learning motivation at SDN Losari Lor 03, Losari, Brebes; b) the influence of the family environment on students' learning motivation at SDN Losari Lor 03, Losari, Brebes; c) the influence of using the internet as a learning resource and family environment together on the motivation of students at SDN Losari Lor 03, Losari, Brebes.This research uses quantitative approach using explanatory research type through associative research, which is research that aims to explain the relationship between two or more variables with the aim of obtaining valid data. Research data used is subject data in the form of opinions, attitudes, experiences or characteristics of a person or group of people who are the subject of the study. The data is obtained using a) questionnaire in the form of a list of questions in writing that are then shared with respondents to be filled out, b) primary documents in the form of answers to the results of questionnaires from respondents, c) literature studies derived from several literature and other supportive readings. The results of this study are known to be the value of correlation coefficient R of 0.667 and double determination coefficient value R2 = 0.817 and Adjusted R Square of 0.636. The coefficient of determination of 0.667 stated the amount of independent variable contribution of internet utilization as a learning resource (X1) and family environment (X2) of 66.70% in explaining the variable variability of dependent student learning motivation (Y) at SDN Losari Lor 03, Losari, Brebes. The correlation coefficient of 0.667 states the strong simultaneous influence of independent variables on internet utilization as a learning resource and family environment against dependent variables of student learning motivation.Based on the regression equation 43.361 + 0.425X1 + 0.292X2 . Based on the multiple regression equations can be interpreted that each increase of one unit of variable utilization of the internet as a learning resource (X1) and family environment, (X2) will increase the student's learning motivation variable by 0.525 units of internet utilization as a learning resource, plus 0.292 units of family environment, at a constant of 43,361. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/988 Files in this item: 1
86206170049_Ulyatus Salamah_PGSD.pdf (4.215Mb) -
Raudoh, Ita (October 7, 2021)[more][less]
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas yang menggunakan media pembelajaran Audio Visual dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran Audio Visual; (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan media pembelajaran Audio Visual dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran Audio Visual. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri Lemahabang 01. Instrumen untuk pengambilan data menggunakan angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah statistik inferensial parametris yaitu Independent Sample t-test dengan bantuan komputer program SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar siswa yang menggunakan media Audio Visual lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan media Audio Visual. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji-t pada dataangket setelah perlakuan yang memperoleh thit = 2,356 lebih besar dari ttabel 5%= 1,677 dan p = 0,023; (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan media Audio Visual lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan media Audio Visual. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji-t pada nilai posttest yang memperoleh thit = 5,150 lebih besar dari ttabel5% = 1,677 dan p = 0,000. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran Audio Visual berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/987 Files in this item: 1
86206170046_ITA RAUDOH_PGSD.pdf (2.243Mb) -
Wahyuni, Sri (October 7, 2021)[more][less]
Abstract: The responsibility of students today is still low to learn both at home and school. The purpose of this study is to find out and analyze the influence of tutoring by parents on learning responsibilities for students of class V at Limbangan State Elementary School 01 Losari Brebes; influence of student learning motivation on learning responsibilities for students of class V at Limbangan State Elementary School 01 Losari Brebes; and the influence of tutoring by parents and motivation to learn for students against the learning responsibilities of class V students at Limbangan State Elementary School 01 Losari Brebes. This research uses a quantitative approach using this type of explanatory research through associative research, which aims to explain the relationship between two or more variables with the aim of obtaining valid data. Research data used is subject data in the form of opinions, attitudes, experiences or characteristics of a person or group of people who are the subject of research. Data obtained by using a) questionnaire in the form of a list of questions in writing which is then shared with respondents to be filled out, b) primary documents in the form of answers to questionnaire results from respondents, c) literature studies derived from several literatures and other supporting readings. Data analysis techniques using the help of SPSS application version 25. The results of this study are known to have a correlation coefficient value of R of 0.623 stating the contribution of independent variable tutoring by parents (X1) and learning motivation for students (x2) of 62.30% in explaining the variability of variables depending on student learning responsibility (Y) in Limbangan State Elementary School 01 Losari Brebes. The correlation coefficient of 0.623 states the strong simultaneous influence of independent variables of tutoring by parents and learning motivation for students against dependent variables of student learning responsibilities. Based on the multiple regression equation, it can be interpreted that each increase of one unit of tutoring variable by parents (X1) and learning motivation for students (X2) will increase the student's learning responsibility variable by 0.166 units of tutoring by parents, plus 0.107 units of learning motivation for students, at constant 25,688. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/986 Files in this item: 1
86206170045_Sri Wahyuni_PGSD.pdf (4.864Mb) -
Ristiyani, Eka Ayu (October 7, 2021)[more][less]
Abstract: Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kendala yang yang dihadapi wali murid dalam memberikan pendampingan belajar peserta didik di rumah terutama pada pembelajaran daring yang berlangsung dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian yang termasuk dalam penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengembilan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipatif dan dokumentas. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kendala yang dihadapi oleh wali murid dalam mendampingi peserta didik belajar. Pertama, kesulitan wali murid dalam mengkondisikan peserta didik dan menunbuhkan minat peserta didik. Kedua, wali murid mengalami kesulitan dalam penguasaan materi dikarenakan kurangnya penjelasan dan wali murid sudah lama tidak bersekolah. Ketiga, keterbatasan fasilitas di rumah. Keempat, wali murid cepat marah dan gampang emosi ketika mendampingi peserta didik belajar. Kelima, kesulitan wali murid dalam membagi waktu antara mendampingi peserta didik belajar dengan bekerja atau mengurus rumah. Berdasarkan pada penelitian ini maka disarankan kepada wali kelas V SDN Pebatan 01 untuk bisa memberikan penjelasan yang lebih terkait dengan materi yang diberikan. Kepada wali murid hendaknya ketika melakukan pendampingan belajar harus lebih memperhatikan media yang digunakan, dan untuk instansi pendidikan hendaknya dapat memberikan pelayanan khusus kepada wali murid yang memiliki kondisi ekonomi rendah. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/984 Files in this item: 1
86206170044_EKA AYU RISTIYANI_PGSD.pdf (2.757Mb) -
Islamiati, Siti Nur (October 7, 2021)[more][less]
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi Covid-19 terhadap proses pembelajaran peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian menggunakan studi kasus dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa semenjak adanya pandemi Covid-19 dalam proses pembelajaran menimbulkan dampak positif dan dampak negatif terutama pada pembelajaran daring. Dampak positifnya seperti peserta didik, guru dan orang tua/wali peserta didik menjadi lebih mengenal teknologi, menjadi lebih tau bahwa banyak aplikasi pembelajaran yang bisa mereka akses untuk mendapatkan materi tambahan, dan tentunya meminimalisir tertularnya Covid-19. Dampak negatif seperti, peserta didik yang tidak bisa menyerap materi pembelajaran dengan baik, guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran, dan orang tua/wali peserta didik mau tidak mau harus tetap mendampingi anaknya selama pembelajaran daring berlangsung. Selain menimbulkan dampak positif dan negatif, dalam proses pembelajaran selama pandemi Covid-19 juga mengalami suatu kendala. Kendala yang paling terlihat adalah pada proses pembelajaran daring dimana tidak semua peserta didik memiliki fasilitas pembelajaran yang memadai dan banyak peserta didik yang terkendala dalam kuota dan signal internet. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/981 Files in this item: 1
86206170042_Siti Nur Islamiati_PGSD.pdf (2.500Mb) -
Bagaskoro, Eko Fajar (October 7, 2021)[more][less]
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problematika Guru dalam Pelaksanaan Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri Karang Dempel 01. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Problematika Guru dalam pelaksanaan Blended Learning pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Karang Dempel 01, dan Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan Blended Learning. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Karang Dempel 01. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut (1) Guru melakukan proses yaitu perencanaan (RPP, smartphone, buku dan media lainnya), pelaksanaan (penyampaian materi tanya jawab dan pemberian tugas), dan evaluasi (memeriksa tugas yang dkirimkan siswa dengan cara difoto kemudian dikirim melalui whatsapp dan menuliskannya di laporan). (2) Problematika yang dialami guru dalam pelaksanaan Blended Learningpada masa pandemi covid-19 adalah keterbatasan fasilitas dan pengetahuan mengenai teknologi, membuat pembelajaran daring (online) hanya dpat dilakukan melalui aplikasi whatsapp, tidak semua siswa mempunyai smartphone, mahalnya kuota internet selama masa pandemi, koneksi internet yang tidak stabil, kurangnya dampingan orang tua pada saat pembelajaran menyebabkan siswa kurang disiplin, keluhan siswa mengenai tugas yang sangat menumpuk. (3)Upaya untuk mengatasi problematika guru dalam pelaksanaan Blended Learning pada masa pandemi covid-19 yaitu memberikan dana bantuan yang di subsidi oleh pemerintah berupa kuota sesuai dengan anjuran pemerintah, orang tua harus mengalokasikan ketersediaan waktu untuk mendampingi anak pada saat pembelajaran, guru sekali waktu bisa mendatangi rumah siswa untuk memberikan materi ajar kepada siswa atau menghubungi langsung orang tua siswa untuk memberikan tugas, guru tidak harus memberikan tugas yang banyak kepada peserta didik agar mereka tidak merasa terbebani mangingat tugas tidak hanya berasal dari satu mata pelajaran. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/979 Files in this item: 1
86206170041_Eko Fajar Bagaskoro_PGSD.pdf (1.726Mb) -
Aulia, Mia Manda (October 6, 2021)[more][less]
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara Profesionalisme Guru terhadap Sikap Tanggung jawab dan Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan perhitungan analisis regresi berganda. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Luwungragi 01 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes dengan jumlah populasi Guru 17 dan peserta didik 436 serta sampel guru kelas 15 dan siswa 225. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2021 dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, kuisioner (angket) dan dokumentasi. Hasil penelitian tidak ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru terhadap sikap tanggung Jawab peserta didik di SD Negeri Luwungragi 01. Hal ini didukung oleh perhitungan uji t dengan nilai 0,797. Hasil perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa 0,797 ˂ 2,160 dan tidak ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru terhadap kemampuan kognitif peserta didik di SD Negeri Luwungragi 01. Hal ini didukung oleh perhitungan uji t dengan nilai 0,903. Hasil perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa 0,903 ˂ 2,160. Serta tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel profesionalisme guru secara simultan terhadap variabel sikap tanggung jawab dan kemampuan kognitif peserta didik SD Negeri Luwungragi 01. Hal ini didukung oleh hasil perhitungan uji f dengan nilai f hitung = 0,493. Hasil perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa 0,493 ˂ 4,60. Hasil dari penelitian ini adalah tidak ada pengaruh antara profesionalisme guru terhadap sikap tanggung jawab dan kemampuan kognitif peserta didik. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/978 Files in this item: 1
86206170039_Mia Manda Aulia_PGSD.pdf (4.008Mb) -
Sukmawati, Nur Laila (October 6, 2021)[more][less]
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penghambat membaca selama pandemi covid-19 siswa kelas II SDN Luwunggede. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jumlah siswa di kelas II SDN Luwunggede 02 adalah 51 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling, yaitu jenis pengambilan sampel probabilitas di mana setiap orang di seluruh populasi target memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih. Siswa yang menjadi sampel sebanyak 6 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, teknik tes dengan mengisi angket, dan dokumentasi. Seluruh siswa kelas II SDN Luwunggede 02 dengan jumlah 51 siswa, pada saat penelitian berlangsung siswa yang berangkat ke sekolah hanya 17 siswa dari ke 17 yang masih mengalami kesulitan dalam membaca sebanyak 5 siswa, proses penelitian ini dimulai dengan wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas, kemudian memberikan tes dengan mengisi angket kepada siswa, kemudian setelah aspek kesulitan diketahui, lalu diamati karakteristik siswa yang mengalami kesulitan membaca tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek tertinggi siswa dalam membaca adalah kesulitan dalam belum mengenal huruf, belum bisa membaca suku kata, belum bisa membaca huruf konsonan, belum bisa membaca kata bermakna. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/972 Files in this item: 1
86206170038_Nur Laila Sukmawati_PGSD.pdf (1.906Mb) -
Panjaya, Ebi (October 6, 2021)[more][less]
Abstract: Penyebaran pandemi corona virus disease atau COVID-19 telah memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Untuk mengantisipasi penularan virus tersebut pemerintah mengeluarkan kebijakan seperti social distancing, physical distancing, hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kondisi ini mengharuskan masyarakat untuk tetap diam di rumah, belajar, bekerja, dan beribadah di rumah. Peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk metode remedial teaching, faktor pendukung pelaksanaan, faktor penghambat pelaksanaan dan kontribusi remedial teaching dalam mencegah terjadi nya learning loss pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian menggunakan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi Sumber dan Triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bentuk metode pengajaran remedial teaching di sekolah menggunakan berbagai variasi bentuk menyesuaikan dengan kesanggupan guru, siswa, orang tua maupun fasilitas penunjang keberhasilan pembelajaran lain nya yaitu dengan menggunakan resitasi (pengajaran kembali), pemberian tugas, diskusi kelompok, pembentukan kelompok kecil pembelajaran diluar sekolah, sosiodrama dan tutorial. Faktor pendukung pelaksanaan remedial teaching dalam mencegah terjadi nya learning loss yaitu seperti motivasi diri, nilai, orangtua, teman sebaya, guru serta lingkungan. Faktor penghambat proses pelaksanaan remedial teaching yaitu karena keterbatasan waktu untuk pelaksanaan nya, menjadi beban tambahan guru maupun siswa, kurang nya dukungan dari orang tua, keterbatasan kemampuan dari siswa dan pengaruh dari teman nya. Kontribusi pelaksanaan remedial teaching pada masa pandemi adalah tercegahnya learning loss dan terjaga nya kualitas pembelajaran serta bisa dapat memperbaiki kekurangan yang menjadi masalah pada saat pembelajaran yang tidak maksimal baik dirumah maupun disekolah. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/969 Files in this item: 1
86206170037_EBI PANJAYA_PGSD.pdf (2.149Mb) -
Maulana, Muhamad Ilyas (October 6, 2021)[more][less]
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh bimbingan keluarga terhadap prestasi Belajar siswa, dan (3) pengaruh fasilitas belajar dan bimbingan keluarga secara bersama- Sama terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri Luwunggede 04. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Luwunggede 04. Responden penelitian ini adalah siswa Kelas V. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional, teknik Pengumpulan data menggunakan instrumen yang berupa angket. Teknik analisis Data menggunakan teknik deskriptif analisis regresi sederhana dan regresi ganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap Prestasi belajar siswa di SD Negeri Luwunggede 04 dengan nilai sign. 0,003 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho1 ditolak dan Ha1 diterima yang berarti Terdapat pengaruh X1 terhadap Y. (2) Terdapat pengaruh bimbingan keluarga terhadap Prestasi belajar siswa di SD Negeri Luwunggede 04 dengan nilai sign. 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho2 ditolak dan Ha2 diterima yang berarti Terdapat pengaruh X2 terhadap Y. (3) Terdapat pengaruh Fasilitas belajar dan bimbingan keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri Luwunggede 04 dengan nilai sign. 0,000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan Bahwa Ho3 ditolak dan Ha3 diterima yang berarti terdapat pengaruh X dan X2 Secara bersama-sama terhadap Y. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/967 Files in this item: 1
-
Safitri, Devi (October 6, 2021)[more][less]
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar dirumah serta pendampingan orang tua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Bahwa ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi orang tua dalam mendampingi anak pada saat belajar dirumah pada masa pandemi covid-19. Banyak orang tua yang mengeluhkan akan adanya pembelajaran daring atau belajar dirumah, dari hasil penelitian di lapangan data yang diperoleh dari hasil wawancara ialah peneliti ini menyatakan ada beberapa yang anak malas belajar dengan ini menimbulkan melonjaknya perasaan emosi pada saat mendampingi anak belajar selama pandemi covid-19, keterbatasan perangkat belajar seperti hp, orang tua yang kurang paham teknologi saat ini. 2) Pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 bahwa peran oranag tua dalam mendampingi anak yaitu sebagai pembimbing, pengasuh, fasilitator, dan pendorong (motivasi), karena peran orang tua sangat penting ketika dirumah. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/965 Files in this item: 1
86206170035_Devi Safitri_PGSD.pdf (3.408Mb) -
Kurniasih (October 6, 2021)[more][less]
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pekerjaan dan tingkat pendidikan orang tua terhadap disiplin belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian paradigma ganda dengan dua variabel independen dan satu variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV yang berjumlah sebanyak 26 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan yakni teknik sampel jenuh dimana semua anggota populasi menjadi sampel dengan jumlah 26 peserta didik dan wali murid yang berjumlah 26. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi untuk variabel X1 dan variabel X2 dengan untuk memperoleh data sekunder tentang pekerjaan dan tingkat pendidikan orang tua sedangkan variabel Y menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji hesteroskedastisitas, dan uji hipotesis meliputi uji t, uji F, dan uji regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji t pengaruh pekerjaan orang tua terhadap disiplin belajar peserta didik diperoleh hasil yaitu thitung > ttabel atau 2.263 > 2.069 yang berarti terdapat pengaruh antara pekerjaan dan disiplin belajar peserta didik. Sedangkan uji t pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap disiplin belajar peserta didik diperoleh hasil yaitu thitung > ttabel atau 2.554 > 2.069 yang berarti terdapat pengaruh antara tingkat pendidikan orang tua terhadap disiplin belajar peserta didik. Sedangkan hasil uji F pengaruh pekerjaan dan tingkat pendidikan orang tua terhadap disiplin belajar peserta didik diperoleh hasil yaitu fhitung < ftabel 3.243 < 3.42 yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi, simpulan dari penelitian ini yaitu secara parsial dan tidak terdapat pengaruh pekerjaan dan tingkat pendidikan orang tua secara bersama-sama terhadap disiplin belajar peserta didik. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/964 Files in this item: 1
86206170034_Kurniasih_PGSD.pdf (4.741Mb) -
Sholicha, Imroatus (October 6, 2021)[more][less]
Abstract: Berdasarkan hasil observasi peneliti pada pembelajaran daring ini tidak semua peserta didik memiliki gadget, kebanyakan pembelajran daring di sekolah dasar ini menggunakan aplikasi WhatsApp. Dibuktikan pada saat pembelajaran daring tidak semua peserta didik mengirimkan foto hasil tulisannya lewat aplikasi WhatsApp atau pada saat mengirimkan hasil rekaman video dalam membacakan suatu cerita yang diberikan oleh guru. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi. teknik pengambilan dengan sampel jenuh. Dengan teknik pengambilan data untuk pembelajaran daring menggunakan angket, untuk keterampilan membaca menggunakan test pilihan ganda, dan untuk keterampilan menulis menggunakan test essay. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t dan uji f. Hasil yang diperoleh yaitu (1) pembelajaran daring terhadap keterampilan membaca dari uji t diperoleh nilai signifikan (sig) sebesar 0,252 yang artinya 0,252 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap keterampilan membaca; (2) pembelajaran daring terhadap keterampilan menulis dari uji t diperoleh nilai signifikan (sig) sebesar 0,952 yang artinya 0,952 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh pembelajaran daring terhadap keterampilan menulis; (3) pembelajaran daring terhadap keterampilan membaca dan menulis dari uji f diperoleh skor signifikansi (sig) sebesar 0,525 > 0,05 dan nilai fhitung 0,660 < ftabel 3,340, sehingga Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya secara simultan tidak terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap keterampilan membaca dan menulis. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tidak terdapat pengaruh daring terhadap keterampilan membaca dan menulis. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/963 Files in this item: 1
86206170033_Imroatus Sholicha_PGSD.pdf (4.858Mb) -
Konilah (October 6, 2021)[more][less]
Abstract: Pada proses pembelajaran peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Agar pembelajaran dapat diterima dengan baik oleh peserta didik maka penting bagi pendidik mengetahui gaya belajar yang dimiliki peserta didiknya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar peserta didik pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya belajar peserta didik kelas V MI Bustanul Ulum Kampir pada pembelajaran matematika yang menunjukkan karakter visual pada materi pengumpulan dan penyajian data yaitu: 1) peserta didik mampu memahami soal dengan cara membacanya sendiri; 2) peserta didik tidak bisa berkonsentrasi apabila keadaan sekitar kacau dan banyak gerakan; 3) peserta didik membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk menyelesaikan soal; 4) peserta didik memerlukan penggaris untuk menyelesaikan soal; 5) peserta didik memerlukan contoh soal dan cara penyelesaian soal secara tertulis. Gaya belajar peserta didik kelas V MI Bustanul Ulum Kampir pada pembelajaran matematika yang menunjukkan karakter auditori pada materi pengumpulan dan penyajian yaitu: 1) peserta didik auditori akan lebih paham jika soal dibacakan oleh guru; 2) peserta didik mampu menyampaikan informasi yang didapat dari hasil pekerjaannya secara lisan; 3) peserta didik tidak bisa berkonsentrasi apablia keadaan sekitar berisik; 4) peserta didik akan paham apabila guru menjelaskan materi secara lisan. Gaya belajar peserta didik kelas V MI Bustanul Ulum Kampir pada pembelajaran matematika yang menunjukkan karakter kinestetik pada materi pengumpulan dan penyajian data yaitu: 1) peserta didik lebih suka menyelesaikan soal secara kelompok; 2) peserta didik mencari informasi dengan cara bertanya langsung sambil menghampiri temannya; 3) peserta didik tidak bisa berkonsentrasi dalam mengerjakan soal jika harus duduk tenang dengan waktu yang lama sehingga mereka selalu bolak balik dan tidak bisa diam. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/962 Files in this item: 1
86206170032_Konilah_PGSD.pdf (2.393Mb) -
Irmawati, Iim (October 6, 2021)[more][less]
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis HOTS terhadap pemahaman konsep belajar peserta didik kelas IV SDN Pasarbatang 06 dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis HOTS terhadap prestasi belajar. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Pasarbatang 06. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampling random dengan jumlah sampel 25. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, soal dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh positif antara model pembelajaran berbasis HOTS terhadap pemahaman konsep berdasarkan uji t kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai t sebesar 5,608 > ttabel 2,074 dan nilai sig. (2-tailed) 0,000< 0,05. Berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk pengujian hipotesis yang telah peneliti uraikan, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ada pengaruh positif antara model pembelajaran berbasis HOTS terhadap prestasi belajar berdasarkan uji t kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai t sebesar 2,164 > ttabel 2,074 dan nilai sig. (2-tailed) 0,035 < 0,05. Berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk pengujian hipotesis yang telah peneliti uraikan, maka Ho ditolak dan Ha diterima. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/961 Files in this item: 1
86206170031_Iim Irmawati_PGSD.pdf (3.246Mb) -
Fauzah, Fitriyah Nur (October 6, 2021)[more][less]
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh Belajar Dari Rumah terhadap hasil belajar kelas V SD Negeri Pasarbatang 06; 2) pengaruh Belajar Dari Rumah terhadap Nilai Karakter Peserta didik kelas V SD Negeri Pasarbatang 06 3) pengaruh Belajar Dari Rumah terhadap hasil belajar dan Nilai Karakter Peserta didik kelas V SD Negeri Pasarbatang 06. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif survai. Populasinya sebanyak 25 teknik untuk menentukan sampel dengan random sampling yang hasilnya di peroleh sebanyak 25 responden. Pengumpulan data menggunakan angket dan nilai raport. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan statistik deskriptif dan menggunakan SPSS 16. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan Belajar Dari Rumah terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Pasarbatang 06 dilihat dari hasil perhitungan diketahui bahwa 2,161>2,060 atau thitung>ttabel dan 0,041<0,05. 2) Tidak ada pengaruh dan signifikan antara Belajar Dari Rumah terhadap nilai karakter peserta didik kelas V SD Negeri Pasarbatang 06. Dilihat dari hasil perhitungan 0,089<2,060 atau thitung>ttabel dan 0,930>0,05. 3) Ada pengaruh yang signifikan Belajar Dari Rumah terhadap hasil belajar dan Nilai karakter peserta didik kelas V SD Negeri Pasarbatang 06 dilihat dari hasil perhitungan diketahui bahwa Fhitung>Ftabel 5,522>3,39. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/959 Files in this item: 1
86206170030_Fitriyah Nur Fauzah_PGSD.pdf (4.796Mb)