|
Abstract:
|
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh Belajar Dari Rumah terhadap hasil belajar kelas V SD Negeri Pasarbatang 06; 2) pengaruh Belajar Dari Rumah terhadap Nilai Karakter Peserta didik kelas V SD Negeri Pasarbatang 06 3) pengaruh Belajar Dari Rumah terhadap hasil belajar dan Nilai Karakter Peserta didik kelas V SD Negeri Pasarbatang 06. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif survai. Populasinya sebanyak 25 teknik untuk menentukan sampel dengan random sampling yang hasilnya di peroleh sebanyak 25 responden. Pengumpulan data menggunakan angket dan nilai raport. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan statistik deskriptif dan menggunakan SPSS 16. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan Belajar Dari Rumah terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Pasarbatang 06 dilihat dari hasil perhitungan diketahui bahwa 2,161>2,060 atau thitung>ttabel dan 0,041<0,05. 2) Tidak ada pengaruh dan signifikan antara Belajar Dari Rumah terhadap nilai karakter peserta didik kelas V SD Negeri Pasarbatang 06. Dilihat dari hasil perhitungan 0,089<2,060 atau thitung>ttabel dan 0,930>0,05. 3) Ada pengaruh yang signifikan Belajar Dari Rumah terhadap hasil belajar dan Nilai karakter peserta didik kelas V SD Negeri Pasarbatang 06 dilihat dari hasil perhitungan diketahui bahwa Fhitung>Ftabel 5,522>3,39. |