| dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis HOTS terhadap pemahaman konsep belajar peserta didik kelas IV SDN Pasarbatang 06 dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis HOTS terhadap prestasi belajar. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Pasarbatang 06. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampling random dengan jumlah sampel 25. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, soal dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh positif antara model pembelajaran berbasis HOTS terhadap pemahaman konsep berdasarkan uji t kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai t sebesar 5,608 > ttabel 2,074 dan nilai sig. (2-tailed) 0,000< 0,05. Berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk pengujian hipotesis yang telah peneliti uraikan, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ada pengaruh positif antara model pembelajaran berbasis HOTS terhadap prestasi belajar berdasarkan uji t kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai t sebesar 2,164 > ttabel 2,074 dan nilai sig. (2-tailed) 0,035 < 0,05. Berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk pengujian hipotesis yang telah peneliti uraikan, maka Ho ditolak dan Ha diterima. |
en_US |