ANALISIS GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MI BUSTANUL ULUM KAMPIR

UMUS Repository

ANALISIS GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MI BUSTANUL ULUM KAMPIR

Show full item record

Title: ANALISIS GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MI BUSTANUL ULUM KAMPIR
Author: Konilah
Abstract: Pada proses pembelajaran peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Agar pembelajaran dapat diterima dengan baik oleh peserta didik maka penting bagi pendidik mengetahui gaya belajar yang dimiliki peserta didiknya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar peserta didik pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gaya belajar peserta didik kelas V MI Bustanul Ulum Kampir pada pembelajaran matematika yang menunjukkan karakter visual pada materi pengumpulan dan penyajian data yaitu: 1) peserta didik mampu memahami soal dengan cara membacanya sendiri; 2) peserta didik tidak bisa berkonsentrasi apabila keadaan sekitar kacau dan banyak gerakan; 3) peserta didik membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk menyelesaikan soal; 4) peserta didik memerlukan penggaris untuk menyelesaikan soal; 5) peserta didik memerlukan contoh soal dan cara penyelesaian soal secara tertulis. Gaya belajar peserta didik kelas V MI Bustanul Ulum Kampir pada pembelajaran matematika yang menunjukkan karakter auditori pada materi pengumpulan dan penyajian yaitu: 1) peserta didik auditori akan lebih paham jika soal dibacakan oleh guru; 2) peserta didik mampu menyampaikan informasi yang didapat dari hasil pekerjaannya secara lisan; 3) peserta didik tidak bisa berkonsentrasi apablia keadaan sekitar berisik; 4) peserta didik akan paham apabila guru menjelaskan materi secara lisan. Gaya belajar peserta didik kelas V MI Bustanul Ulum Kampir pada pembelajaran matematika yang menunjukkan karakter kinestetik pada materi pengumpulan dan penyajian data yaitu: 1) peserta didik lebih suka menyelesaikan soal secara kelompok; 2) peserta didik mencari informasi dengan cara bertanya langsung sambil menghampiri temannya; 3) peserta didik tidak bisa berkonsentrasi dalam mengerjakan soal jika harus duduk tenang dengan waktu yang lama sehingga mereka selalu bolak balik dan tidak bisa diam.
URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/962
Date: 2021-10-06


Files in this item

Files Size Format View
86206170032_Konilah_PGSD.pdf 2.283Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record