PENGARUH PEKERJAAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK

UMUS Repository

PENGARUH PEKERJAAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK

Show full item record

Title: PENGARUH PEKERJAAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK
Author: Kurniasih
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pekerjaan dan tingkat pendidikan orang tua terhadap disiplin belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian paradigma ganda dengan dua variabel independen dan satu variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV yang berjumlah sebanyak 26 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan yakni teknik sampel jenuh dimana semua anggota populasi menjadi sampel dengan jumlah 26 peserta didik dan wali murid yang berjumlah 26. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi untuk variabel X1 dan variabel X2 dengan untuk memperoleh data sekunder tentang pekerjaan dan tingkat pendidikan orang tua sedangkan variabel Y menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji hesteroskedastisitas, dan uji hipotesis meliputi uji t, uji F, dan uji regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji t pengaruh pekerjaan orang tua terhadap disiplin belajar peserta didik diperoleh hasil yaitu thitung > ttabel atau 2.263 > 2.069 yang berarti terdapat pengaruh antara pekerjaan dan disiplin belajar peserta didik. Sedangkan uji t pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap disiplin belajar peserta didik diperoleh hasil yaitu thitung > ttabel atau 2.554 > 2.069 yang berarti terdapat pengaruh antara tingkat pendidikan orang tua terhadap disiplin belajar peserta didik. Sedangkan hasil uji F pengaruh pekerjaan dan tingkat pendidikan orang tua terhadap disiplin belajar peserta didik diperoleh hasil yaitu fhitung < ftabel 3.243 < 3.42 yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi, simpulan dari penelitian ini yaitu secara parsial dan tidak terdapat pengaruh pekerjaan dan tingkat pendidikan orang tua secara bersama-sama terhadap disiplin belajar peserta didik.
URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/964
Date: 2021-10-06


Files in this item

Files Size Format View
86206170034_Kurniasih_PGSD.pdf 4.521Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record