| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar dirumah serta pendampingan orang tua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Bahwa ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi orang tua dalam mendampingi anak pada saat belajar dirumah pada masa pandemi covid-19. Banyak orang tua yang mengeluhkan akan adanya pembelajaran daring atau belajar dirumah, dari hasil penelitian di lapangan data yang diperoleh dari hasil wawancara ialah peneliti ini menyatakan ada beberapa yang anak malas belajar dengan ini menimbulkan melonjaknya perasaan emosi pada saat mendampingi anak belajar selama pandemi covid-19, keterbatasan perangkat belajar seperti hp, orang tua yang kurang paham teknologi saat ini. 2) Pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 bahwa peran oranag tua dalam mendampingi anak yaitu sebagai pembimbing, pengasuh, fasilitator, dan pendorong (motivasi), karena peran orang tua sangat penting ketika dirumah. |
en_US |