| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penghambat membaca selama pandemi covid-19 siswa kelas II SDN Luwunggede. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jumlah siswa di kelas II SDN Luwunggede 02 adalah 51 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling, yaitu jenis pengambilan sampel probabilitas di mana setiap orang di seluruh populasi target memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih. Siswa yang menjadi sampel sebanyak 6 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, teknik tes dengan mengisi angket, dan dokumentasi. Seluruh siswa kelas II SDN Luwunggede 02 dengan jumlah 51 siswa, pada saat penelitian berlangsung siswa yang berangkat ke sekolah hanya 17 siswa dari ke 17 yang masih mengalami kesulitan dalam membaca sebanyak 5 siswa, proses penelitian ini dimulai dengan wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas, kemudian memberikan tes dengan mengisi angket kepada siswa, kemudian setelah aspek kesulitan diketahui, lalu diamati karakteristik siswa yang mengalami kesulitan membaca tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek tertinggi siswa dalam membaca adalah kesulitan dalam belum mengenal huruf, belum bisa membaca suku kata, belum bisa membaca huruf konsonan, belum bisa membaca kata bermakna. |
en_US |