| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi Covid-19 terhadap proses pembelajaran peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian menggunakan studi kasus dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa semenjak adanya pandemi Covid-19 dalam proses pembelajaran menimbulkan dampak positif dan dampak negatif terutama pada pembelajaran daring. Dampak positifnya seperti peserta didik, guru dan orang tua/wali peserta didik menjadi lebih mengenal teknologi, menjadi lebih tau bahwa banyak aplikasi pembelajaran yang bisa mereka akses untuk mendapatkan materi tambahan, dan tentunya meminimalisir tertularnya Covid-19. Dampak negatif seperti, peserta didik yang tidak bisa menyerap materi pembelajaran dengan baik, guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran, dan orang tua/wali peserta didik mau tidak mau harus tetap mendampingi anaknya selama pembelajaran daring berlangsung. Selain menimbulkan dampak positif dan negatif, dalam proses pembelajaran selama pandemi Covid-19 juga mengalami suatu kendala. Kendala yang paling terlihat adalah pada proses pembelajaran daring dimana tidak semua peserta didik memiliki fasilitas pembelajaran yang memadai dan banyak peserta didik yang terkendala dalam kuota dan signal internet. |
en_US |