| dc.description.abstract |
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kendala yang yang dihadapi wali murid dalam memberikan pendampingan belajar peserta didik di rumah terutama pada pembelajaran daring yang berlangsung dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian yang termasuk dalam penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengembilan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipatif dan dokumentas. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kendala yang dihadapi oleh wali murid dalam mendampingi peserta didik belajar. Pertama, kesulitan wali murid dalam mengkondisikan peserta didik dan menunbuhkan minat peserta didik. Kedua, wali murid mengalami kesulitan dalam penguasaan materi dikarenakan kurangnya penjelasan dan wali murid sudah lama tidak bersekolah. Ketiga, keterbatasan fasilitas di rumah. Keempat, wali murid cepat marah dan gampang emosi ketika mendampingi peserta didik belajar. Kelima, kesulitan wali murid dalam membagi waktu antara mendampingi peserta didik belajar dengan bekerja atau mengurus rumah. Berdasarkan pada penelitian ini maka disarankan kepada wali kelas V SDN Pebatan 01 untuk bisa memberikan penjelasan yang lebih terkait dengan materi yang diberikan. Kepada wali murid hendaknya ketika melakukan pendampingan belajar harus lebih memperhatikan media yang digunakan, dan untuk instansi pendidikan hendaknya dapat memberikan pelayanan khusus kepada wali murid yang memiliki kondisi ekonomi rendah. |
en_US |