|
Abstract:
|
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran
pendidikan agama islam pada anak autis di sekolah inklusi. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode
analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data, reduksi data, data display
(penyajian data), verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Peran Guru pada
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Autis adalah mengajar peserta didik,
mendidik siswa, melatih peserta didik, membimbing dan mengarahkan, memberikan
dorongan pada siswa, menyusun dan mengaplikasikan strategi serta metode pembelajaran
pendidikan agama islam. (2) Karakteristik dan Kebutuhan Belajar Anak Autis dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah membahas tentang Perilaku, Interaksi
sosial, Komunikasi dan bahasa, Perasaan atau Emosi, Persepsi Sensoris, Kebutuhan akan
pengulangan dan visualisasi, Kebutuhan akan rutinitas dan struktur yang jelas, Kebutuhan
akan interaksi sosial yang terkontrol, Kebutuhan akan metode pembelajaran yang beragam.
(3) Peran Sekolah Inklusi dalam Mendukung Pembelajaran Anak Autis adalah Prinsip-
prinsip pendidikan inklusi, Peran sekolah inklusi dalam mendukung pembelajaran anak
autis, Tantangan dan keberhasilan pendekatan inklusi pada anak autis.
Dengan adanya peran guru dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada anak autis
di sekolah inklusi mengungkapkan praktik terbaik dan tantangan dalam mendukung
pembelajaran agama Islam bagi anak-anak autis di lingkungan inklusi menjadi lebih baik
dalam memberikan wawasan tentang bagaimana pendidikan agama Islam dapat lebih
inklusif dan mendukung bagi anak-anak dengan autisme. |