PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH INKLUSI

UMUS Repository

PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH INKLUSI

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Lilis Novia
dc.date.accessioned 2025-11-21T07:33:58Z
dc.date.available 2025-11-21T07:33:58Z
dc.date.issued 2023-10-05
dc.identifier.uri http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/419
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada anak autis di sekolah inklusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data, reduksi data, data display (penyajian data), verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Peran Guru pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Autis adalah mengajar peserta didik, mendidik siswa, melatih peserta didik, membimbing dan mengarahkan, memberikan dorongan pada siswa, menyusun dan mengaplikasikan strategi serta metode pembelajaran pendidikan agama islam. (2) Karakteristik dan Kebutuhan Belajar Anak Autis dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah membahas tentang Perilaku, Interaksi sosial, Komunikasi dan bahasa, Perasaan atau Emosi, Persepsi Sensoris, Kebutuhan akan pengulangan dan visualisasi, Kebutuhan akan rutinitas dan struktur yang jelas, Kebutuhan akan interaksi sosial yang terkontrol, Kebutuhan akan metode pembelajaran yang beragam. (3) Peran Sekolah Inklusi dalam Mendukung Pembelajaran Anak Autis adalah Prinsip- prinsip pendidikan inklusi, Peran sekolah inklusi dalam mendukung pembelajaran anak autis, Tantangan dan keberhasilan pendekatan inklusi pada anak autis. Dengan adanya peran guru dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada anak autis di sekolah inklusi mengungkapkan praktik terbaik dan tantangan dalam mendukung pembelajaran agama Islam bagi anak-anak autis di lingkungan inklusi menjadi lebih baik dalam memberikan wawasan tentang bagaimana pendidikan agama Islam dapat lebih inklusif dan mendukung bagi anak-anak dengan autisme. en_US
dc.subject Peran Guru, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Sekolah Inklusi en_US
dc.title PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH INKLUSI en_US


Files in this item

Files Size Format View
86206190001-LILIS NOVIA SARI-PGSD.pdf 4.046Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record