Repository UMUS: Recent submissions
Now showing items 1-20 of 180
Next Page-
Erviana, Vivi Eka (October 5, 2023)[more][less]
Abstract: Masalah yang utama dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan Ice Breaking dalam pembelajaran peserta didik kelas V di SD Negeri Pesantunan 05, pengaruh Ice Breaking dalam meningkat konsentrasi belajar peserta didik serta kelebihan dan kekurngan Ice Breaking dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan yaitu mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Ice Breaking dalam pembelajaran peserta didik di sekolah dasar dapat berpengaruh dalam meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung sudah berjalan dengan baik. Jenis Ice Breaking yang sering digunakan oleh guru yaitu nyanyian, lagu serta teouk-tepuk yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran atau disela-sela pembelajaran. Dengan adanya penerapan Ice Breaking dalam pembelajaran dapat membuat peserta didik lebih aktif, semangat belajar, serta berkonsentrasi dalam proses pembelajaran berlangsung, dalam penerapan Ice Breaking guru tentunya melihat kondisi serta suasana kelas terlebih dahulu apakah memungkinkan untuk dilakukan kegiatan Ice Breaking. Kekurangan dan kelebihan selama proses penerapan Ice breaking dalam pembelajaran matematika sering guru jumpai. Kelebihan dari penerapan Ice breaking dapat mempersingkat waktu selama proses pembelajaran, membuat suasana kelas menjadi menyenangkan dan ceria. Kekurangannya ialah kurangnya kreativitas guru dalam menerapkan jenis-jenis Ice breaking yang dilakukan didalam kelas. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/422 Files in this item: 1
86206190004_Vivi Eka Erviana_PGSD.pdf (3.104Mb) -
Sari, Ria Purnama (October 5, 2023)[more][less]
Abstract: This study aims to determine the effect of YouTube videos on motivation and learning outcomes in science learning for fifth grade students in elementary schools and to determine the effect of YouTube videos on student learning outcomes in science learning. This study uses a quantitative experimental method. The population of the researcher was fifth grade students at SD Negeri Siasem 02. The sample technique used was probability sampling with 23 control class samples and 27 students from the experimental class. Using tests, questionnaires, and documentation are the methods used in this study to collect data. Hypothesis testing, homogeneity, and normality were used as data analysis tools. Based on the t-test of the experimental class and the control class with a t- test value of 2.179 greater than 0.005, the findings of this study indicate that YouTube videos have a beneficial impact on motivation. Based on the t-test of the experimental class and the control class with a value of 2.637 greater than 0.05, YouTube videos have a positive impact on learning outcomes. In accordance with the guidelines for testing the hypothesis outlined by the researcher. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/421 Files in this item: 1
86206190003-Ria Purnama Sari-PGSD.pdf (7.518Mb) -
Asih, Wulan Puspita (October 5, 2023)[more][less]
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter melalui peran guru untuk mengantisipasi kenakalan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Menggunakan kebasahan data triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data, reduksi data, data display( penyajian data), dan verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)Pembentukan karakter melalui peran guru untuk mengantisipasi kenakalan peserta didik dilakukan melalui sholat, di sekolah, permainan tradisional, dan melalui dongeng. (2) Peran yang dimiliki oleh guru sebagai pendidik, pelatih, cinta peserta didik, komunikator, kolekor dan fasilitator dalam penguatan dan pengembangan karakter yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik. (3) upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kenakalan peserta didik melalui upaya preventif(pencegahan), Upaya Kuratif dan pembinaan. Dengan adanya pembentukan karakter melalui peran guru dapat memberikan penanaman karakter serta pengembangan karakter yang dimiliki peserta didik menjadi lebih baik dalam mengantisipasi kenakalan. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/420 Files in this item: 1
-
Sari, Lilis Novia (October 5, 2023)[more][less]
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada anak autis di sekolah inklusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data, reduksi data, data display (penyajian data), verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Peran Guru pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Autis adalah mengajar peserta didik, mendidik siswa, melatih peserta didik, membimbing dan mengarahkan, memberikan dorongan pada siswa, menyusun dan mengaplikasikan strategi serta metode pembelajaran pendidikan agama islam. (2) Karakteristik dan Kebutuhan Belajar Anak Autis dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah membahas tentang Perilaku, Interaksi sosial, Komunikasi dan bahasa, Perasaan atau Emosi, Persepsi Sensoris, Kebutuhan akan pengulangan dan visualisasi, Kebutuhan akan rutinitas dan struktur yang jelas, Kebutuhan akan interaksi sosial yang terkontrol, Kebutuhan akan metode pembelajaran yang beragam. (3) Peran Sekolah Inklusi dalam Mendukung Pembelajaran Anak Autis adalah Prinsip- prinsip pendidikan inklusi, Peran sekolah inklusi dalam mendukung pembelajaran anak autis, Tantangan dan keberhasilan pendekatan inklusi pada anak autis. Dengan adanya peran guru dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada anak autis di sekolah inklusi mengungkapkan praktik terbaik dan tantangan dalam mendukung pembelajaran agama Islam bagi anak-anak autis di lingkungan inklusi menjadi lebih baik dalam memberikan wawasan tentang bagaimana pendidikan agama Islam dapat lebih inklusif dan mendukung bagi anak-anak dengan autisme. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/419 Files in this item: 1
86206190001-LILIS NOVIA SARI-PGSD.pdf (4.242Mb) -
PRASETYO, DIMAS ADI (October 5, 2023)[more][less]
Abstract: Penggunaan teknologi augmented reality (AR) sebagai media pembelajaran telah menunjukkan potensi yang besar dalam meningkatkan efektivitas dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran interaktif untuk mengenalkan dan memahami konsep bakteri di MTs Sunan Kali Jaga. Metode penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas VII dengan satu kelas sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran augmented reality dan satu kelas sebagai kelompok kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvensionalData penelitian meliputi hasil pretest dan posttest, observasi keterlibatan siswa, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran AR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran AR memiliki peningkatan signifikan pada skor posttest dan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, tanggapan siswa terhadap penggunaan AR secara umum positif dengan mayoritas merasa lebih tertarik dan termotivasi dalam pembelajaran bakteri.Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi augmented reality sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep bakteri di MTs Sunan Kali Jaga. Diharapkan bahwa hasil positif dari penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan lebih lanjut dalam penggunaan teknologi AR dalam konteks pembelajaran di institusi pendidikan lainnya. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/418 Files in this item: 1
-
NUGRAHA, OSCAR DWI WAHYU (October 5, 2023)[more][less]
Abstract: Research that has been carried out in the feasibility analysis study of invesment in housing development projects in terms of technical and financial aspects in Taman Amartha Brebes housing. Land use planning for housing development projects is legally feasible by following applicable local regulations. The land area to be built meets the permitted standards, namely 70% of the total land area. The amount of housing invesment is IDR 16,650,898,192.26. The construction of houses is technically feasible by following the standards in SNI, as well as building planning following the concept of building earthquake-resistant people’s houses. In terms of invesment feasibility, it is feasible with invesment analysis with an invesment period of 24 months. The NPV value obtained is IDR 8,131,901,942.50 which is greater than zero. While the IRR obtained has a value of 31.67% which is greater than the specified MARR of 8%. Than the project has achieved a breakeven point after selling 20 units in a period of 20 months, with a profit of IDR 1,326,049,139.39. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/416 Files in this item: 1
22201180015_ Oskar D W N.pdf (2.960Mb) -
Safitri, Jihan Nazla (October 17, 2023)[more][less]
Abstract: Based on this background, the research problems are formulated as follows: (1) How is the inner conflict built by the author through the character Alma in the novels Brianna and Bottomwise with a review of Literary Psychology, (2) What are the factors that cause the inner conflict of the characters Alma in the novels Brianna and Bottomwise by Andrea Hirata in a review of Literary Psychology. (3) How is the response or action of the main female character in dealing with conflict in the novels Brianna and bottomwise by Andrea Hirata. The aims of this research are (1) to describe the inner conflict of the character Alma which was developed by the author in the novel Brianna and Bottomwise from a review of Literary Psychology. (2) Describe the factors that cause the inner conflict of the character Alma in the novel Brianna and Bottomwise with the literary psychology approach. (3) Describes the aspects that influenced the personality of the character Alma in the novels Brianna and bottomwise by Andrea Hirata.This study uses the research method used as a procedure for investigating problems by describing or describing the state of the subject and research object based on the facts that accompany it. The method used in this research is qualitative. The results of this study are to conclude that, the form of inner conflict that occurs in the character Alma in the novel “Brianna and Bottomwise by Andrea Hirata. There are 5 forms of inner conflict, namely depression, obsession, anxiety, frustration and concern. The results of this study show that Alma's disappointment as a whole is influenced by the id and ego rather than the superego. As for the factors that influence the occurrence of inner conflict, namely biological factors, this factor arises when his mother can buy a guitar even with savings and borrowed money from friends. Social factors occur due to Alma's frequent playing of musical instruments, which makes Alma also get the opportunity to work in selling musical instruments. Next is the environmental factor. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/411 Files in this item: 1
88201190017_JIHAN NAZLA SAFITRI_PBSI.pdf (1.040Mb) -
Fadhila, Vina (October 5, 2023)[more][less]
Abstract: This study aims to describe the diction in the novel Thousand Faces of Father by Nurun Ala. The method used in this study is qualitative method. Data collection techniques use reading techniques and recording techniques. This study used a stylistic approach. Research instruments use data cards. The results showed that in the novel A Thousand Faces of Father by Nurun Ala there is diction. The diction identified and analyzed in the novel included 23 foreign language words. Foreign language words contained in the novel A Thousand Faces of Father include English as many as 23 data, Arabic as much as 10 data, Dutch as many as 2 data. While in the reword, there were 271 data found in the novel, the reword found included all 140 data rewords, partial rewords there were 10 data, rewords changed sound there were 6 data, rewords affixed with 88 data, and pseudo rewords there were 27 data. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/408 Files in this item: 1
-
Setyani, Hani (October 5, 2023)[more][less]
Abstract: Literary works describe the expression of society, therefore the emergence of a literary work is closely related to the problems that arise at that time. This shows that literature is heavily influenced by social issues. In other words, the literary work reflects a person's bond with other people or with society. Based on this background, the research problems are formulated as follows: (1) What religious values are contained in the novel Pasirpun is reluctant to whisper by Taufiqurrahman Al Azizy, (2) How are the implications of religious values in the novel Pasirpun reluctant to whisper by Taufiqurrahman Al Azizy towards learning in high school. There are also objectives of this study, (1) To identify the religious values contained in the novel Pasirpun reluctant to whisper by Taufiqurrahman Al Azizy, (2) To describe the implications of religious values in the novel Pasirpun reluctant to whisper by Taufiqurrahman Al Azizy for Indonesian language education in high school. The method used in this study uses descriptive methods to provide an overview of presentation and data based on objective content based on data found in the novel Pasirpun reluctant to whisper by Taufiqqurahman al-azizy. Qualitative research aims to study the data in the novel by using words or sentences instead of using numbers. The results of the study show that there are religious values such as worship, gratitude, patience, helping, forgiving, and keeping promises. This is shown by the words or sentences in the novel Pasir Pun Reluctant to Whisper by Taufiqurrahman Al-Azizy. In addition, religious values such as honesty, mutual help, forgiveness, fairness, and a sense of responsibility can be used in high school lessons. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/407 Files in this item: 1
-
Handayani, Sri Dewi (October 17, 2023)[more][less]
Abstract: Perkembangan teknologi semakin meningkat. Hal ini terbukti dengan tergantinya teknologi cetak dengan teknologi Komputer yang digunakan dalam pembelajaran. Istilah tergantinya media cetak ini melahirkan nama baru dalam dunia pendidikan, yaitu modul ajar interktif. Modul ajar yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu modul ajar pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV. IV menjadi modul interaktif. Modul interaktif diharapkan dapat meningkatkan kompetensi belajar peserta didik terutama pada minat baca dan pemahaman bacaan peserta didik Berdasarkan latar belakang tersebut, dirumuskan permasalahan penelitian sebagai berikut : (1) Bagaimana kebutuhan pengembangan modul interaktif materi Satu Titik berbasis kearifan lokal Brebes bagi guru dan peserta didik?, (2) Bagaimanakah draf modul interaktif berbasis kearifan lokal Brebes pada peserta didik?, (3) Bagaimanakah uji kelayakan modul interaktif materi Satu Titik berbasis kearifan lokal Brebes untuk peserta didik kelas IV SD Islam Terpadu Assiyadah?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kebutuhan pengembangan modul interaktif materi Satu Titik berbasis kearifan lokal Brebes bagi guru dan peserta didik, (2) Mengetahui draf modul interaktif materi satu titik berbasis kearifan lokal Brebes pada peserta didik, (3) Mengetahui uji kelayakan modul interaktif materi satu titik berbasis kearifan lokal Brebes untuk peserta didik kelas IV SD Islam Terpadu Assiyadah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dari S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel pada tahun 1974 yang memiliki beberapa tahapan yaitu Define ( pendefinisian ), Design ( perancangan ), Develop ( pengembangan ), dan Dissiminate ( Penyebaran ).pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kebutuhan pendidik dan peserta didik, dan angket validasi materi serta media. Hasil penelitian ini adalah (1) pengembangan modul interaktif berbasis kearifan lokal Brebes menurut pendidik dan peserta didik, yaitu dibutuhkan modul interaktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi Satu Titik yaitu dibutuhkan pengembangan modul interaktif materi Satu Titik berbasis kearifan lokal Brebes dalam pembelajaran, (2) draf modul interaktif meliputi 3 struktur yaitu: pendahuluan, isi dan penutup. (3) hasil uji validasi modul interaktif materi Satu Titik berbasis kearifan lokal Brebes validasi ahli materi menyatakan bahwa modul layak digunakan dengan hasil skor rata-rata senilai 92,22% dengan kategori sangat layak dan validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,71 dengan kategori sangat layak.Saran yang direkomendasikan adalah untuk peserta didik, diharapkan peserta didik lebih semangat dan antusias dalam proses pembelajaran. Sehingga dengan adanya modul interaktif ini tujuan pembelajaran dan capaian pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Untuk pendidik, diharapkan modul ini dapat digunakan oleh pendidik sebagai salah satu contoh variasi perangkat ajar dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini dilakukan agar pendidik maupun peserta didik tidak monoton dalam melaksanakan pembelajaran. Untuk peneliti selanjutnyamyaitu modul yang telah dikembangkan ini hanya berfokus pada satu bab saja sehingga harapan kedepannya dapat mengembangkan modul dengan materi yang lebih luas. Sehingga kebermanfaatan modul yang dikembangkan akan lebih besar. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/401 Files in this item: 1
88201190013-SRI DEWI HANDAYANI-PBSI.pdf (6.753Mb) -
Pramesti, Dinda Ninggar (October 17, 2023)[more][less]
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan kajian romantisme dalam novel Heartbreak Motel karya Ika Natassa ditinjau dari pendekatan ekspresif, 2) Mendeskripsikan tanggapan netizen dalam cerita novel Heartbreak Motel karya Ika Natassa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan ekspresif. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang menghasilkan prosedur penelitian data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan tentang sifat-sifat suatu individu. Objek dalam penelitian ini adalah ciri-ciri romantisme dalam novel Heartbreak Motel pendekatan ekspresif serta tanggapan netizen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data baca dan catat. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian yakni triangulasi sumber dan teknik serta diskusi teman sejawat. Teknik dalam menganalisi meliputi; membaca novel, mengidentifikasi dan memberi tanda pada penemuan data, mencatat temuan, mendeskripsikan temuan yakni ciri-ciri romantisme dan menyimpulkan hasil penelitian. Adapun hasil penelitian meliputi; ciri-ciri romantisme yang terkandung dalam novel Heartbreak Motel menemukan sebanyak 32 data dan tanggapan netizen sebanyak 4 data. Data tersebut dibagi menjadi 6 data ciri-ciri romantisme pendekatan ekspresif, ciri romantisme kermbali ke alam sebanyak 3 data, ciri romantisme kemurungan atau melankolis sebanyak 5 data, ciri romantisme primitivisme sebanyak 6 data, ciri romantisme sentimentalisme sebanyak 4 data, ciri romantisme individualisme 4 data, dan ciri romantisme eksotisme sebanyak 10 data. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/399 Files in this item: 1
-
Firoh, Hikmah (October 5, 2023)[more][less]
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menanalisis Kajian Morfologi Pada Cerpen Aku Kopi dan Kamera Karya Ainun Nufus Pada Akun Wattpad. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa cerpen Aku Kopi dan Kamera Karya Ainun Nufus Pada Akun Wattpad. Data yang akan diambil dalam penelitian ini berupa data kajian morfologi yang terdiri dari afiksasi, reduplikasi, dan komposisi pada cerpen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode baca dan catat dibantu dengan kartu data. Hasil analisis data penelian dan pembahasan mengenai kajian morfologi pada cerpen aku kopi dan kamera karya Ainun Nufus pada akun wattpad ditemukan data 3 jenis afiksasi yaitu prefiks, sufiks, dan konfiks, data afiksasi yang ditemukan berjumlah 215 data, yang terdiri dari prefiks 97 data, sufiks 79 data, dan konfiks 39 data. Reduplikasi atau kata ulang ditemukan data yang berjumlah 28 data yang terdiri dari 3 jenis kata ulang yaitu kata ulang sebagian 4 data, kata ulang utuh (seluruh) 23 data, dan kata ulang berubah bunyi 1 data. Dan yang terakhir ditemukan data komposisi atau kata majemuk berjenis komposisi verbal gramatikal yang ditemukan berjumlah 16 data. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/396 Files in this item: 1
-
Noviana, Kharisma (October 5, 2023)[more][less]
Abstract: The problems in this study are: (1) How to learn to write poetry without using a pop up book (2) How to learn to write poetry for grade X students of SMK Islam Manbaul Hikmah using pop up book media (3) Is there an influence of the use of pop up book media on the poetry writing skills of grade X students of SMK Islam Manbaul Hikmah (4) How is the integration of the Pancasila Student Profile on Poetry Writing skills. This study aims to (1) Identify learning to write poetry for grade X students of SMK Islam Manbaul Hikmah without using pop up books. (2) Identify learning to write poetry for grade X students of SMK Islam Manbaul Hikmah using pop up book media. (3) Identify the influence of the use of pop up book media on the poetry writing skills of grade X students of SMK Islam Manbaul Hikmah. (4) Identify the integration of Pancasila student profiles in learning to write poetry. This type of research uses experimental research with the type of True experiment design using pretest-posttest control group design. Class X of SMK Islam Manbaul Hikmah is the population in this study. The sample in this study used 44 respondents, 22 students from TKJ class (experimental class) and TSM class (control class). Data collection techniques use observation, interview, and test techniques. The data analysis techniques using the hypothesis pre-requisite test are normality test, homogeneity test, hypothesis test used in this study independent sample t test and paired sample t test. From the results of the statistical test used in this study, learning media has an effect on poetry writing skills. From the acquisition of statistical test scores, the difference between before applying the media and after applying the media has a very high effect. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/393 Files in this item: 1
-
Setyangga, Ega Bagas (October 17, 2023)[more][less]
Abstract: Research research has the aim of describing (1). The use of satirical language style in the content of the Tekotok animation YouTube channel. (2). The meaning of satirical language style in the content of the Tekotok animation YouTube channel. Theories in this study are (Yule: 2014) and (Andri Wicaksono: 2014). This type of research is qualitative through a descriptive method. The data source of this research is Tekotok animated YouTube content. (1). Watch the Tekotok animation YouTube channel video. (2). Identify data (3). Record data that will be used as a source in research into tables. Data analysis techniques are carried out by: (1). Classifying data into analysis tables. (2). Grouping the types of satirical language styles that are uttered. (3). Expressing the meaning of the satirical language style uttered. (4). Describes an analysis result and (5). Presenting the results of the analysis by looking at the tendency to use language style. (6). Summing up the results of the data analysis as a whole. Based on the data analysis and discussion, the research results obtained as many as 50 data. The data found are cynicism, sarcasm, innuendo, racism, and irony. The use of satirical language style in the content of the Tekotok animated YouTube channel is a medium for conveying anxiety, criticism, or an utterance that is packaged in an animated concept so that it doesn't hurt an object, or someone who is satirized. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/391 Files in this item: 1
88201190007 EGA BAGAS SETYANGGA PBSI.pdf (6.928Mb) -
Lubna (October 5, 2023)[more][less]
Abstract: Berdasarkan latar belakang tersebut, dirumuskan permasalahan penelitian sebagai berikut: (1) bagaimana pembelajaran menulis teks biografi tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall (2) bagaimana pembelajaran menulis teks biografi dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall (3) bagaimanakah hasil dari uji keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall dalam menulis teks biografi pada kurikulum merdeka kelas X SMK Ma’arif NU 01 wanasari. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks biografi tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall (2) untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran menulis tes biografi dengan menggunkan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall (3) menguji keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall dalam menulis teks biografi pada kurikulum merdeka kelas X SMK Ma’arif NU 01 Wanasari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Quasi experimental Design atau kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes dan instrumen non tes. Hasil penelitian ini adalah (1) nilai terendah pada pretest kelas kontrol 55 dan nilai tertinggi 80 dengan rata-rata nilai 66,00 Sedangkan nilai terendah postest pada kelas kontrol 65 dan nilai tertinggi 85 dengan rata-rata nilai 71,60. (2) nilai terendah pada pretest kelas eksperimen 55 dan nilai tertinggi 75 dengan rata-rata nilai 66,80. Sedangkan nilai terendah postest kelas eksperimen 70 dan tertinggi 95 dengan rata-rata nilai sebesar 80,80. (3) hasil uji keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis website wordwall dalam menulis teks biografi pada kurikulum merdeka kelas X SMK Ma’arif NU 01 Wanasari efektif dengan bukti uji t yang menyatakan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada hasil postest kelas kontrol dan kelas eksperimen . berdasarkan hasil tabel independent sample test di peroleh t hitung =5,365 sedangkan t tabel =1,714. Dilihat pada hasil tersebut, artinya t hitung > t tabel . dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukan adanya pengaruh yang signifikan. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa media pembelajaran interaktif erbasis website wordwall dalam menulis teks biografi dalam kurikulum merdeka kelas X SMK MA’arif NU 01 Wanasari dilatakan efektif. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/388 Files in this item: 1
88201190006_LUBNA_PBSI.pdf (4.847Mb) -
ALPINI, SITI (October 17, 2023)[more][less]
Abstract: The purpose of this study was to describe the forms and functions of Megawati Soekarnoputri's illocutionary speech acts in the Pancasila Kick Off Meeting Event in Action. The method used in this research is descriptive qualitative. The source of the data in this research is Megawati Soekarnoputri's utterances on the KOMPASTV YouTube channel which contain the forms and functions of illocutionary speech acts. The data collection technique used is note-taking technique. The data analysis technique in this study is transcript data analysis. The results of the study of Megawati Soekarnoputri's Illocutionary Speech Actions in the Pancasila Kick Off Meeting Event in Action found 31 assertive speech forms, 10 directive data, 15 expressive data, 1 data commissive, 1 data declarative. Assertive utterances are divided into 8 forms, namely suggesting 6 utterances, showing 4 utterances, speculating 2 utterances, declaring 10 utterances, reporting 2 utterances, expressing opinions 4 utterances, claiming 1 utterance, and affirming 2 utterances. There are 4 types of directive utterances, the directive advises 5 utterances, the directive asks for 1 utterance, the directive confirms 1 utterance, and instructs with a total of 3 utterances. Expressive utterances are divided into 4 forms, namely expressive giving thanks 3 utterances, expressive praising 3 utterances, expressive mocking 7 utterances, and apologizing 2 utterances. Then the commissive utterances of the contract form are 1 utterance, and the declarative utterances of the surrender form are 1 utterance. As for the functions of illocutionary speech acts obtained from Megawati's utterances, there are 21 utterances, namely competitive, convival and collaborative utterances. The competitive function tells 3 stories. Konviva thanks 2 utterances and konvival praises 2 utterances. The collaborative function of the 14 utterances is, 2 speculating expressions, 10 informing utterances and 2 reporting utterances. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/387 Files in this item: 1
88201190005_Siti_Alpini_PBSI_.pdf (1.155Mb) -
Yustika (October 5, 2023)[more][less]
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan prinsip kerja sama Grice dalam sidang Ferdy Sambo. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik simak, catat, dengan dibantu kartu data. Keabsahan data yang digunakan penelitian ini menggunakan trianggulasi teori untuk menguji keabsahan data yang ditemukan dengan berlandaskan pada teori yang ada. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini yaitu menggunakan teknik padan. Pada data menunjukkan diperoleh data sebanyak 59 tuturan yakni 17 tuturan yang mematuhi maksim kualitas, 21 tuturan yang memenuhi maksim kuantitas, 16 tuturan sesuai dengan maksim relevansi, 5 tuturan yang memenuhi maksim cara. Bahwa berdasarkan data tersebut percakapan-percakapan dalam sidang sudah memenuhi prinsip kerja sama. Penerapan prinsip kerja sama bisa terpenuhi apabila terjadi percakapan atau pembicaraan peserta tutur sesuai dengan konteks komunikasi sehingga menjadi komunikasi yang baik dan efisien. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/384 Files in this item: 1
88201190003 Yustika PBSI.pdf (1.066Mb) -
Anisa, Khaerum (October 17, 2023)[more][less]
Abstract: Penelitian ini mempunyai tujuan untuk 1) mendeskripsikan nilai-nilai perjuangan dalam novel Roro Mendut karya Y.B. Mangunwijaya, 2) mendeskripsikan nilai-nilai perjuangan dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo, dan 3) menganalisis perbandingan nilai- nilai perjuangan yang terkandung dalam kedua novel tersebut. Jenis penelitian ini yakni deskripstif komparatif dengan membandingkan kedua teks yang berbeda. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan sastra bandingan. Objek dalam penelitian ini adalah nilai-nilai perjuangan tokoh utama dengan sumber penelitian berupa dua novel yang berbeda. Kemudian, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data baca dan catat. Keabsahan data yang digunakan yakni triangulasi sumber dan teknik serta diskusi teman sejawat. Teknik dalam menganalisi meliputi; membaca kedua novel, mengidentifikasi dan memberi tanda pada penemuan data, mencatat temuan, mendeskripsikan temuan yakni nilai-nilai perjuangan pada kedua novel, mendeskripsikan perbandingan nilai-nilai perjuangan, menyimpulkan hasil penelitian. Adapun hasil penelitian meliputi; nilai-nilai perjuangan yang terkandung dalam novel RM sebanyak 41 data. Data-data tersebut dibagi menjadi 5 data yang menunjukkan nilai rela berkorban, nilai persatuan sejumlah 5 data, nilai harga- menghargai sejumlah 14 data, nilai sabar sejumlah 4 data dan semangat pantang menyerah sejumlah 7 data, serta nilai kerja sama sejumlah 6 data yang menunjukkan nilai tersebut. Sedangkan dalam novel PMBH dapat ditemukan oleh peneliti nilai-nilai perjuangan sebanyak 50 data. Pembagian tersebut dibagi menjadi 5 data nilai rela berkorban, nilai persatuan sejumlah 5 data, nilai harga-menghargai sejumlah 8 data, nilai sabar 9 data dan semangat pantang menyerah 11 data, serta nilai kerja sama sejumlah 12 data yang menunjukkan nilai tersebut. Persamaan nilai-nilai perjuangan dalam kedua novel meliputi: tidak ditemukannya data nilai rela berkorban, kedua novel ditemukan data yang menunjukkan nilai persatuan, nilai harga-menghargai, nilai sabar dan semangat pantang mneyerah, serta nilai kerja sama. Sedangkan, dalam perbedaan nilai-nilai perjuangan juga demikian. Keduanya ditemukan data nilai rela berkorban namun dengan sikap yang berbeda satu sama lain, terdapat perbedaan sikap yang menunjuk pada nilai persatuan, nilai harga- menghargai, nilai sabar dan semangat pantang menyerah, serta terdapat perbedaan data pada sikap yang menunjukkan nilai kerja sama. Terakhir, terdapat perbedaan yang signifikan dalam nilai-nilai perjuangan pada kedua novel tersebut. Dalam novel RM terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai harga-menghargai xi dibandin novel PMBH. Adapun dalam novel PMBH terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai sabar dan semangat pantang menyerah dibanding dengan novel RM. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/383 Files in this item: 1
-
Maulida, Lia Dwi (October 17, 2023)[more][less]
Abstract: Kurang aktifnya siswa dalam belajar bahasa Indonesia disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa tentang manfaat belajar Bahasa Indonesia dan perannya terhadap kehidupan di masa mendatang. Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan siswa di masa pandemi covid-19 terhadap Hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, 2) Untuk mengetahuipengaruh perhatian orang tua terhadap Hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia, 3) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan perhatian orang tua di masa pandemi covid-19 terhadap Hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia . Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah responden 30 siswa kelas X SMK Bhakti Utama NU Songgom Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Kedisiplinan berpengaruh terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Bhakti Utama NU Songgom. Dibuktikan dengan nilai thitung 1,505 lebih besar dari dari ttabel sebesar 0.144 dan nilai signifikansi sebesar 1,505> 0,05. 2) Perhatian Orangtua berpengaruh terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Bhakti Utama NU Songgom.. Dibuktikan dengan nilai thitung-3,465 lebih besar dari dari ttabel sebesar -2,0518 dan nilai signifikansi sebesar 0,002< 0,05, dan 3) Kedisiplinan dan Perhatian Orangtua secara simultan mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Bhakti Utama NU Songgom. Dibuktikan dengan nilai Fhitung 60,005 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,96 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/381 Files in this item: 1
88201170003-LIA DWI ASTUTI-PBSI.pdf (2.787Mb) -
Alifiyah, Melania Noeri (October 5, 2023)[more][less]
Abstract: The intense competition in the culinary business greatly af ects sales turnover which greatly influences the continuity of a business. The concept of selling itself is an activity that relies on the ability of the company team (sales) to make consumers trust and believe in the products of ered. So to increase culinary business sales, business actors must pay attention to branding, taste and market segmentation. The purpose of this study was to find out and analyze the ef ect of: 1) branding on increasing sales, 2) taste on increasing sales, 2) market segmentation on increasing sales, and 3) branding, taste and market segmentation on increasing sales simultaneously at Seblak Mega Easy Losari shop. The research population was 1,250 people. Sampling in this study used the Slovin formula using an incidental technique with a total of 93 samples. The data used is primary data from the answers to the respondent's questionnaire. Hypothesis testing uses SPSS 25. The theoretical basis used is branding, taste, market segmentation, and sales. The results showed that branding had a significant ef ect on increasing sales, taste had a significant ef ect on increasing sales, market segmentation had a significant ef ect on increasing sales, and simultaneously branding, taste and market segmentation had a significant ef ect on increasing sales at Kedai Seblak Mega Easy Losari. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/379 Files in this item: 1
Now showing items 1-20 of 180
Next Page