Indonesian Literature Education: Recent submissions
Now showing items 1-20 of 47
Next Page-
Saputra, Wahyu Azi (October 12, 2022)[more][less]
Abstract: Tujuan dari penelitian, ini adalah mendeskripsikan bentuk kesantunan, prinsip kesantunan, dan skala kesantunan berbahasa warganet pada postingan twitter @YakutCQoumas (Menteri Agama) Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan warganet di twitter. Wujud data dalam penelitian ini berupa komentar yang mengandung makna bentuk, prinsip, dan skala kesantunan berbahasa warganet pada postingan akun twitter Menteri Agama. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik rekam, simak, catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Analisis data yang digunakan adalah identifikasi, analisis data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang menunjukkan seluruh data dapat dianalisis bentuk kesantunanya, yang berupa intonasi, diksi, struktur kalimat dan gaya bahasa sebanyak 10 data. Hasil analisis dari data untuk prinsip kesantunan berbahasa menunjukan berupa maksim menurut teori kesantunan berbahasa Leech. Dan skala kesantunan berbahasa tidak seluruh aspek skala dapat ditemukan pada data tuturan di media sosial karena keterbatasan ruang dan waktu. Hasil akhir analisis menunjukan banyaknya warganet yang masih berkomentar negatif, namun tidak sedikit pula yang berkomentar negatif tentang peraturan yang dibuat oleh Menteri Agama RI. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/1153 Files in this item: 1
88201180008-WAHYU AZI SAPUTRA.pdf (1.973Mb) -
Khalimah, Nur (October 12, 2022)[more][less]
Abstract: Media pembelajaran yaitu alat atau bentuk stimulus yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Selain itu media juga harus merangsang peserta didik untuk mengingat yang sudah dipelajari selain memberikan rangsangan belajar dengan suasana yang baru. Dalam proses pembelajaran di sekolah ada beberapa bidang ilmu yang disajikan kepada siswa, semuanya bertujuan agar siswa menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang kelak bermanfaat bagi dirinya dan dapat bersaing dengan dunia kerja yang ada. Setiap bidang ilmu itu mengandung tiga unsur yaitu kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan sikap psikomotorik (ketrampilan). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil keefektifan penggunaan media audio visual youtube musik pop dalam pembelajaran menulis puisi kelas X SMK Islam Manbaul Hikmah terhadap pembelajaran menulis puisi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini dilakukan dikelas X SMK Islam Manbaul Hikmah. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimental design. Teknik pengumpulan data berupa tes sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif, uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis. Hasil penelitian Ketentuan yang digunaan yaitu Jika P < 0,01 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai P pada tabel yaitu 0,00 < 0,01. Dari Nilai rata rata pretes-Postes kelas eksperimen dapat dilihat perbedaan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebelum adanya penggunaan audiovisual nilainya 77,3684 dan setelah penggunaan media audiovisual nilai rata-rata nya meningkat menjadi 87,1579. Sehingga dapat dikatakan bahwa Penggunaan Media Audio Visual Youtube Musik Pop dalam pembelajaran Menulis Puisi Kelas X Kelas Eksperimen di SMK Islam Manbaul Hikmah dikatakan efektif, dan terdapat perbedaan bermakna secara statistik atau signifikan pada probabilitas 0,01. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/1150 Files in this item: 1
882011800011-NUR KHALIMAH.pdf (4.441Mb) -
Agustin, Meliani Ria (October 12, 2022)[more][less]
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana bentuk dan makna kata prefiks berkategorikan verbal dipostingan group facebook warga desa Siasem Brebes,(2) Bagaimanakah fungsi bentuk dan makna kata prefiks berkategorikan verbal dipostingan group facebook warga desa Siasem Brebes. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini memiliki bentuk dan makna kata prefiks berkategorikan verbal yaitu dengan teknik baca dan catat. Peneliti akan membaca setiap postingan yang berada didalam media sosial facebook yang digunakan dalam penelitian,dan diambil dari media sosial facebook. Setelah itu peneliti mencatat data-data yang dapat men dukung proses analisis yang akan dilakukan dalam penelitian ini yang termuat dalam media social facebook.Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1)Mendeskripsikan bentuk dan makna kata prefiks berkategorikan verbal dipostingan group facebook warga desa Siasem Brebes,(2)Mendeskripsikan fungsi bentuk dan makna kata prefiks berkategorikan verbal dipostingan group facebook warga desa Siasem Brebes. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/1149 Files in this item: 1
88201180035-MELIANA RIA AGUSTIN.pdf (1.919Mb) -
Franciska Y, Vebi (October 12, 2022)[more][less]
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai semiotika yang terdapat pada naskah drama Sandekala. Naskah drama ini diciptakan oleh mahasiswa semester 3 angkatan 2018 program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia anggota teater cakra. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan kualitatif-deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan metode Observasi dan metode Dokumentasi dimana penulis membaca kembali naskah drama tersebut lalu dilakukan observasi. Selanjutnya mencatat dan menganalisa. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori Charles Sanders Pierce. Hasil yang diperoleh yaitu lima belas tanda dari keseluruhan naskah drama Sandekala dan makna semiotikanya. Serta makna dari naskah drama itu sendiri yang mempunyai pesan sebagai peringatan dan pengingat akan datangnya waktu malam. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/1147 Files in this item: 1
88201180033-VEBI FRANCISKA Y.pdf (894.0Kb) -
Hidayatullah, Syarif (October 12, 2022)[more][less]
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh media pembelajaran wayang kartun terhadap keterampilan menulis cerita pendek (cerpen). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Materi pelajaran yang digunakan dalam penelitian yaitu materi menulis cerita pendek (cerpen). Penelitian ini dianalisis dengan uji hopotesis uji paired sample t test dan uji independent sample t test. Hasil yang diperoleh dari uji paired sample t nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Nilai t hitung yaitu 15,783 dan nilai t tabel yaitu 2,086. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai t hitung 10,883 > t tabel 2,086. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata antara hasil pretest dengan nilai rata-rata hasil posttest pada kelas eksperimen. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran wayang kartun terhadap keterampilan menulis cerpen peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Kersana. Hasil yang diperoleh dari uji independent sample t test nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Nilai t hitung yaitu 16,900 dan nilai t tabel yaitu 2,021. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai t hitung 16,900 > t tabel 2,021. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata antara hasil posttest kelas eskperimen (menggunakan media wayang kartun) dengan nilai rata-rata hasil posttest kelas kontrol (tidak menggunakan media wayang kartun). Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran wayang kartun terhadap keterampilan menulis cerpen peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Kersana. Secara deskriptif terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil posttest keterampilan menulis cerpen kelas eskperimen (menggunakan media wayang kartun) dengan rata-rata nilai hasil posttest keterampilan menulis cerpen kelas kontrol (tidak menggunakan media wayang kartun). Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai hasil posttest kelas eskperimen yang lebih tinggi dari rata-rata nilai hasil posttest kelas kontrol. Nilai rata-rata hasil posttest kelas kontrol yaitu 65,24; sedangkan nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen yaitu 87,86. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/1143 Files in this item: 1
88201180030- SYARIF HIDAYATULLAH.pdf (4.719Mb) -
Agustina, Dewi (October 12, 2022)[more][less]
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana bentuk bentuk tindak tutur direktif yang di gunakan anak usia 4-5 Tahun di Raudlatul Athfal (RA) Man’baul Huda Siasem Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes , (2) Bagaimana fungsi tindak tutur direktif yang di hasilkan pada anak usia 4-5 Tahun di Raudlatul Athfal (RA) Man’baul Huda Siasem Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif. Pendekatan deskriptif kualitatif yaitu peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini memiliki tindak tutur direktif yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti akan observasi dan wawancara pada setiap kunjungan ke Raudhatul Athfal (RA) Man’baul Huda Siasem kemudian mengamati dan mencatat tindak tutur direktif apa saja yang dapat mendukung proses analisis yang akan dilakukan. Peneliti akan mendokumentasi dan mengamati tuturan anak di Raudlatul Atfal (RA) Man’baul Huda Siasem . Setelah itu peneliti mencatat data-data yang dapat mendukung proses penelitian tindak tutur direktif anak usia 4-5 tahun dalam berbahasa Indonesia di Raudhatul Athfal (RA) Man’baul Huda Siasem . Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) Mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif yang di gunakan pada anak usia 4-5 Tahun di Raudlatul Athfal (RA) Man’baul Huda Siasem Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes,(2)Mendeskripsikan Fungsi tindak Tutur direktif yang di gunakan pada anak usia 4-5 Tahun di Raudlatul Athfal (RA) Man’baul Huda Siasem Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/1139 Files in this item: 1
88201180028-DEWI AGUSTINA.pdf (2.993Mb) -
Daryati, Erni (October 12, 2022)[more][less]
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter melalui kesantunan berbahasa pada anak usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal (RA) Man'baul Huda Siasem. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan Teknik observasi dan teknik wawancara. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis dengan menggunakan metode padan dan teknik analisis pilah unsur tertentu. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa : 1) kondisi kesantunan berbahasa pada anak usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal (RA) Man’baul Huda Siasem, yaitu sekolah melakukan upaya untuk meminimalisir dampak penyimpangan kesantunan berbahasa dengan melakukan beberapa upaya yaitu : (a) dengan melakukan peringatan lisan atau peneguran secara langsung kepada anak apabila melakukan kesalahan, apanila peringatan lisan tidak berjalan, maka akan diperingatkan secara tulisan atau menggunakan surat teguran yang akan diberikan kepada orang tua anak; (b) sekolah melakukan program home visit. programini dilakukan oleh pihak sekolah untuk menjalin hubungan lebih dekat dengan anak dan orang tua anak; (c) Sekolah bekerjasama dengan orang tua untuk membatasi penggunaan media sosial atau handphone. 2) upaya menerapkan penidikan karakter pada anak usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal (RA) Man’baul Huda Siasem, yaitu (1) sekolah melakukan kegiatan pendahuluan, (2) kegiatan inti dan, (3) kegiatan penutup. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/1138 Files in this item: 1
88201180027-ERNI DARYATI.pdf (1.206Mb) -
Afriyanti, Anesih Tri (October 12, 2022)[more][less]
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) untuk mengetahui tindak tutur lokusi dalam wacana iklan produk kecantikan di instagram, (2) ) untuk mengetahui tindak tutur Ilokusi dalam wacana iklan produk kecantikan di instagram, (3) ) untuk mengetahui tindak tutur Perlokusi dalam wacana iklan produk kecantikan di instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pragmatik. Penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan wujud bentuk tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi dalam wacana iklan produk kecaantikan di instagram. Penelitian ini telah membahas pokok masalah mengenai tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam wacana iklan produk kecantikan di instagram. berikut 3 hal yang dapat disimpulkan. Hasil ananlisis tindak tutur terdapat 20 data bentuk tindak tutur dalam wacana iklan produk kecaantikan di instagram yang diambil dari postingan bulan Juli 2021 sampai postingan bulan Juli 2022. Terdapat 20 hasil analisis data yaitu 5 data tindak tutur lokusi, 10 data tindak tutur ilokusi, dan 5 data tindak tutur perlokusi. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/1137 Files in this item: 1
88201180026-ANESH TRI AFRIYANTI.pdf (2.089Mb) -
Setiawan, M. Rifqi Aji (October 12, 2022)[more][less]
Abstract: Novel bentuk sastra yang paling popular di dunia. Menarik tidaknya bahasa yang digunakan dalam karya sastra salah satunya novel tergantung pada kecakapan sastrawan dalam menggunakan kata-kata yang ada. Tanpa keindahan bahasa, karya sastra menjadi kurang menarik minat atau justru sangat hambar. Bahasa berperan penting dalam kehidupan manusia dan satu-satunya milik manusia yang tidak pernah lepas dari segala kegiatan gerak manusia sepanjang keberadaan manusia itu, sebagai mahluk yang berbudaya dan bermasyarakat. Saat berinteraksi antar manusia yang mampu menguasai lebih dari satu bahasa dikenal dengan sebutan bilingual dan multilingual yang menginginkan akan terjadinya campur kode, campur kode itu sendiri adalah masuknya serpihan-serpihan bahasa ke bahasa lain. campur kode bukan hanya terjadi pada percakapan lisan tetapi juga dapat terjadi dalam percakapan tulisan, misalnya novel Di Kaki Bukit Cibalak karya Ahmad Tohari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk campur kode dan arti dari wujud campur kode itu sendiri dalam novel Di Kaki Bukit Cibalak karya Ahmad Tohari. Berdasarkan analisis data dalam novel Di Kaki Bukit Cibalak didapati campur kode bahasa Indonesia dan bahasa daerah (Jawa, Banyumas) berhumlah 37 data. Campur kode terbanyak berupa penyisipan kata yakni sebanyak 14 data, yang di ikuti oleh wujud campur kode yang berupa frasa sebanya 9 data, wujud campur kode berupa pengulangan kata sebanyak 6 data. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/1135 Files in this item: 1
88201180022-M ROFQI AJI SETIAWAN.pdf (413.9Kb) -
Rahayu, Tutut (October 12, 2022)[more][less]
Abstract: Pendidikan merupakan salah satu unsur kehidupan yang paling mendasar. Situasidi lapangan menunjukkan bahwa dalam proses belajar mengajar masih terdapat kendala yang dihadapi pendidik terutama untuk pelajaran bahasa Indonesia. Pendidik telah memilih strategi yang baik, tetapi ada beberapa kendala tersebut misalnya kesulitan pengajaran baik dalam pengajaran dan dari peserta didik itu sendiri. Masalah yang ada di pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi menulis teks prosedur juga terjadi di SMK Negeri 1 Kersana. Hasil wawancara yang dilakukan terhadap gurusbahasa Indonesia kelas XI SMK Negeri 1 Kersana kabupaten Brebes menjelaskan data, bahwa peserta didik yang belum mencapai KKM terbilang cukup tinggi, yaitu 65% dari 36 anak, sedangkan KKM untuk mata pelajaran bahasa Indonesia yaitut78. Artinya ada 24 anak yang belum dapat mencapai KKM dengan nilai rata-rata yaitu 70, sedangkan 12 anakxyang lain sudah berhasil mencapai KKM dengan nilai rata-rata yang di dapat yaitu 89. Tujuan penelitianwini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran scrapbook dalam materi menulis teks prosedur pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Kersana. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu jenis penelitian Research and Development (R&D). Tahap-tahap yang dilakukan untuk meneliti jenis penelitian Research and Development (R&D) antara lain 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desai produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi desain. Sampel dari peenltian ini yaitu peserta didik kelas XI Teknik Pengelasan (Welding), XI Teknik Kendaraan Ringan (TKR), dan XI Multimedia total keseluruhan peserta didik yang dijadikan sampel oleh peneliti yaitu sabanyak 87 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalamspenelitian ini antara lain; observasi, wawancara, kuisonera(angket), dan dokumentasi. Hasil validasi penelitian ini yaitu aspek kontensatau isi yang terdiri dari tujuh komponen valid. Hal ini dibuktikan dengan skor keselruhan yang dicapai yaitu 87,21, aspek kelayakan penyajian yang terdiri dari tiga komponen valid. Hal ini dibuktikan dengan total skor nilai yang diperoleh yaitu 91,25, dimana aspek kebahasaan dua unsur sudah sesuai. Ini terbukti memiliki skor total 93,5, dan aspekikegrafikaan yang terdiri dari lima komponen sudah sesuai. Hal ini dibuktikan dengan perolehanxtotal nilai yang diperoleh yaitu 89, pada total skor untuk media pembelajaran Scrapbook dalam materi menulis teks prosedur pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Kersana yaitu 360,96. Denganodemikian, maka media pembelajaran ini dinyatakan layak untuk digunakan dengan revisi. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/1126 Files in this item: 1
88201180019-TUTUT RAHAYU.pdf (8.250Mb) -
Komariyah (October 12, 2022)[more][less]
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bentuk diskriminasi sosial yang dialami tokoh utama dari film Yuni, mendeskripsikan faktor-faktor penyebab diskriminasi sosial tokoh utama perempuan dalam film Yuni, mendeskripsikan respon tokoh utama dalam film Yuni dalam melawan tindak diskriminasi sosial yang dialaminya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan kualitatif deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah Film dengan judul Yuni. Penelitian ini difokuskan mengenai permasalahan yang terkait dengan diskriminasi sosial yang menimpa tokoh perempuan dalam film Yuni dengan ditinjau menggunakan kajian sosiologi sastra. Teknik pengambilan data dengan menonton film secara menyeluruh dan mencatat hasil temuan. Keabsahan data diperoleh melalui validasi semantik dan reliabilitas. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Bentuk diskriminasi paling dominan yaitu bentuk diskriminasi publik yang berupa ejekan, diskriminasi gender dan diskriminasi sosial yang dialami tokoh perempuan dalam film. (2) Faktor penyebab diskriminasi sosial pada ranah domestik adalah faktor jenis kelamin, sedangkan pada ranah publik yaitu faktor agama, dan faktor strata sosial. (3) Respon yang paling dominan adalah respon menolak diwujudkan dalam bentuk tindakan verbal dan mengritisi suatu hal atau pendapat tertentu. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/1125 Files in this item: 1
88201180014-KOMARIYAH.pdf (2.480Mb) -
Salsabila, Roihana Imroatus (October 12, 2022)[more][less]
Abstract: The purpose of this study is to describe the form and function of the expressive speech acts of the characters Nur and Widya in the KKN film in the dancer village. The method used in this study is descriptive qualitative. The source of data in this study is the speech of the characters Nur and Widya in the KKN film in the dancer village. The form of data in this study is in the form of Nur and Widya's utterances in the KKN film in the dancer village which contains the form and function of expressive speech acts in pragmatic studies. The data collection technique used is a free listening technique for engaging and observing .The data analysis technique in this study used the match method and the agih method. The results of this study on the speech acts of Nur and Widya figures found four forms of expressive speech acts, that is direct forms totaling 40 data, direct speech acts 29 data and indirect speech act forms 11 data, while the expressive speech act functions were found 7 functions, that is 1 expressive speech act function expressing gratitude, 6 expressive speech act functions expressing a sense of forgiveness, 8 functions of expressive speech acts expressive expression of sympathy, 10 functions of expressive speech acts expressiveness express anger, 2 functions of expressive speech acts of saying greetings, 6 functions of expressive speech acts of criticizing and 7 functions of illocutionary speech acts express fear. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/1122 Files in this item: 1
-
BAHTIAR, ILHAM AMIN (October 12, 2022)[more][less]
Abstract: This study aims to determine (1) the needs of teachers and students for poetry learning media by utilizing the powtoon application as an alternative learning during the pandemic,(2) knowing the drafting of learning media by utilizing the Powtoon application as an alternative to learning during the pandemic, (3) validation test of poetry learning media by utilizing the powtoon application as an alternative to learning during the pandemic. The method used in this research is research and development (R&D) from Borg and Gall which is adapted to research needs. The data collection in this study used a questionnaire on the needs of teachers and students as well as an expert validation questionnaire. Data analysis in this study used a qualitative descriptive needs questionnaire, while the media validation questionnaire used quantitative.The material used in this study is poetry, after analyzing the needs it is formulated into the preparation of a draft poetry learning media by utilizing the powtoon application as an alternative learning during the pandemic. The results of the expert assessment are based on three aspects according to Wahono, namely (1) software aspects 88.2%, (2) learning design aspects 84.5%, (3) visual communication aspects 90.6%. The results from the average of the three aspects used are 87.7% which are categorized as very feasible. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/1119 Files in this item: 1
88201180005- ILHAM AMIN BAHTIAR.pdf (2.026Mb) -
ARISKA, AAS (October 12, 2022)[more][less]
Abstract: Handbook bisa dikatakan mempunyai kedudukan yang lumayan berarti dalam proses pendidikan di kelas. Bila tidak terdapat handbook tata cara PQRST, hingga proses pendidikan drama berbasis naskah tidak hendak efisien serta tidak hendak tercapai tujuan yang diharapkan. Handbook ialah salah satu penunjang dalam pemilihan tata cara di dalam proses pendidikan khusunya pada modul drama berbasis naskah. Berdasarkan latar belakang tersebut, dirumuskan permasalahan penelitian sebagai berikut : (1) bagaimana kebutuhan pengembangan metode pembelajaran PQRST berbasis naskah dalam pembelajaran drama berdasarkan persepsi guru dan peserta didik; (2) bagaimana draf metode PQRST dalam pembelajaran drama berbasis naskah peserta didik; (3) bagaimana uji validasi metode pembelajaran PQRST berbasis naskah pada pembelajaran drama. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan metode pembelajaran PQRST berbasis naskah pada pembelajaran drama (2) mendeskripsikan draf metode pembelajaran PQRST berbasis naskah pada pembelajaran drama (3) menjelaskan hasil uji validasi metode pembelajaran PQRST berbasis naskah pada pembelajaran drama. Riset ini memakai pendekatan R&D( Reseach and Development) dengan langkah riset ialah( 1) Sesi I( riset pendahuluan serta dini pengembangan)( 2) Sesi II( pengembangan)( 3) Sesi III( validasi). Informasi dalam riset ini meliputi informasi kebutuhan pengembangan handbook tata cara PQRST bagi anggapan guru serta partisipan didik, draf handbook tata cara PQRST, serta hasil evaluasi pakar. Hasil penelitian ini adalah (1) kebutuhan pengembangan handbook metode PQRST menurut peserta didik dan guru, yaitu dibutuhkan modul dalam pembelajaran drama, adanya naskah yang digunakan untuk pembelajara drama, bentuk naskah yang bergambar dan berwarna agar lebih menarik, dari segi format tulisan atau font lebih dibesarkan lagi, bagian tabel yang harus lebih jelas. (2) draf handbook metode PQRST meliputi cover handbook metode PQRST, bentuk dan ukuran kertas handbook, materi atau isi serta penyajian implementasi metode PQRST pada pembelajaran drama berbasis naskah. (3) hasil uji validasi handbook metode PQRST pada pembelajaran drama berbasis naskah menytaakan handbook layak digunakan dengan hasil skor rata-rata senilai 81,25% yang dikategorikan sangat layak. Saran yang direkomendasikan adalah (1) guru sebaiknya menggunakan handbook metode PQRST pada pembelajaran drama berbasis naskah sebagai pilihan panduan penggunaan metode selama proses pembelajaran drama. (2) peserta didik seyogyanya menggunakan handbook metode PQRST sebagai sumber pegangan selama mengikuti pembelajaran drama berbasis naskah. (3) penelitian ini dapat melakukan penelitian lanjutan tentang handbook metode PQRST pada pembelajaran drama berbasis naskah agar memperoleh saran yang lebih mendalam. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/1117 Files in this item: 1
88201180001-AAS ARISKA.pdf (3.644Mb) -
Alim, Bahrun (October 12, 2022)[more][less]
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 01 Luwunggede. b) pengaruh disiplin belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 01 Luwunggede. c) pengaruh manajemen kelas dan disiplin belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 01 Luwunggede. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian explanatory research, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara dua variabel atau lebih dengan tujuan untuk memperoleh data-data yang valid. Data penelitian yang digunakan yaitu a) kuisioner berupa data pertanyaan tertulis yang kemudian dibagikan ke responden untuk diisi. b) dokumentasi berupa gambar-gambar proses penelitian c) studi kepustakaan yang berisi referensi literatur yang mendukung penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan Manajemen kelas memiliki pengaruh positif sebesar 17,20% terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 01 Luwunggede kecamatan Tanjung. Disiplin belajar memiliki pengaruh positif sebesar 32,20% terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 01 Luwunggede kecamatan Tanjung. Manajemen kelas dan disiplin belajar siswa memiliki pengaruh positif secara simultan sebesar 42,90% terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 01 Luwunggede kecamatan Tanjung. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/1115 Files in this item: 1
86206180064-BAHRUL ULUM.pdf (1.930Mb) -
Ulpah, Mariyah (October 12, 2022)[more][less]
Abstract: Gerakan Literais Sekolah merupakan suatu upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran sebagai upaya menumbuhkan budi pekerti siswa, agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat. Program inilah yang akan menjadi fokus peneliti untuk mengkaji ulang di sekolah SDN 03 Tegalglagah dengan menumbuhkan minat baca tulis siswa. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/1114 Files in this item: 1
86206180048-MARIYAH ULPAH.pdf (5.102Mb) -
PIANI, ANJAM (October 20, 2021)[more][less]
Abstract: The purpose of this study was to determine the application of semantic studies to online-based student learning during the Covid-19 pandemic and the competencies controlled by Indonesian language teachers at the high school level in Brebes, namely SMA Negeri 2 Brebes and SMA Negeri 3 Brebes. The background of this research is because the application of semantic studies that discuss meaning in high school level students is lacking, especially in online learning where students have difficulty in receiving material due to the lack of explanation and control from the teacher, especially in the achievement of learning outcomes in Indonesian and mastery of teaching competencies for teachers in During the pandemic period, more development should be made in choosing learning media. The method used is qualitative research with a descriptive qualitative approach, with informants namely Indonesian Language Teachers at SMA Negeri 2 Brebes and students of class XI IPA II and Indonesian teachers at SMA Negeri 3 Brebes with students of class XI IPA 7. Methods of collecting data using observation, interviews, questionnaires and documentation. The data analysis technique starts from data collection, data analysis process, data presentation, and drawing conclusions. the results of the study show the following: 1) semantic understanding for teachers is quite mastered but in its application to students there are problems due to online learning. 2) The media used in online classes differ according to the needs of students. 3). All students stated that they did not like online learning and had learning difficulties, especially understanding the hidden meanings of Indonesian language subject matter. 4). Teachers' teaching competencies need to be developed in online learning situations. Teachers in the implementation of online learning are difficult to apply semantic studies to students because each student has their own knowledge with limited facilities and it is difficult for teachers to develop teaching competencies for students. Teachers also experience difficulties in monitoring student attitudes and assessments in online learning because they cannot see firsthand how the students are. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/873 Files in this item: 1
88201170014_Anjam Piani_PBSI.pdf (2.481Mb) -
WULANDARI, SRI (October 20, 2021)[more][less]
Abstract: The objectives of this study are: (1) To describe the dominant figure of speech in the novel 29 Juz Harga Wanita by Ma'mun Affany. (2) Describe the dominant image in the novel 29 Juz Harga Wanita by Ma'mun Affany. (3) Describe the implication of the dominant figure of speech and imagery in the novel 29 Juz Harga Wanita by Ma'mun Affany on literary learning in high school. The research design used is descriptive qualitative research. The approach used is a stylistic approach. Data collection techniques are carried out using library techniques and heuristic reading techniques. The validity of the data used in this study is investigator triangulation. The data analysis technique used in this research is the informal presentation data analysis technique. The results of the research are: (1) the dominant figure of speech in the novel 29 Juz Harga Wanita by Ma'mun Affany, including simile, personification, metaphor, hyperbole, and litotes. (2) the dominant imagery in the novel 29 Juz Harga Wanita by Ma'mun Affany includes images of sight, motion, and hearing. (3) The implication of figure of speech and imagery in the novel 29 Juz Harga Wanita by Ma'mun Affany for literary learning in high school can be used as an additional reference for literature learning material and is listed in the lesson plans. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/871 Files in this item: 1
88201170013_Sri Wulandari_PBSI.pdf (2.122Mb) -
NURHANIFAH, SISKA SINTIYA (October 20, 2021)[more][less]
Abstract: The objectives of this study are: (1) To describe how high students' interest in learning in Indonesian Language Subjects is in online learning during the Covid-19 pandemic. (2) To describe how high students' learning outcomes in Indonesian Language Subjects are in online learning during the Covid-19 pandemic. (3) Knowing the significant influence between learning interest and student learning outcomes in Indonesian Language Subjects in online learning during the Covid-19 pandemic. This research is a type of descriptive quantitative research, using correlation analysis. Data collection techniques in this study used closed questionnaires or questionnaires, or by using the internet as a medium for dissemination. The results of this study are: (1) The learning interest of class X students of SMA Negeri 1 Jatibarang is included in the medium category. With the number of respondents as many as 121 students and has been calculated using the categorization formula. The results show that the number of frequencies at most is 100 frequencies, with the number of intervals 25,856 X 30,284 and the number of percentages as much as 82,644. (2) The learning outcomes of students in class X SMA Negeri 1 Jatibarang are in the medium category. With the number of respondents as many as 121 students and has been calculated using the categorization formula. The results show that the highest number of frequencies is 99 frequencies, with the number of intervals 12,155 X 16,365 and the number of percentages is 81,818. (3) The results of the product moment correlation test on variables X and Y, show rtable with a significant level of 0.05 and the number of respondents as many as 121 people is 0.1786. Meanwhile, rcount is 0.396, which means rcount (0.396) rtable (0.1786). When viewed from the Scatterplot test in SPSS 22, it is seen that the points of the X and Y variable curves point towards the upper right. So it can be concluded that the proposed hypothesis (Ha) is accepted and (Ho) is rejected, in other words there is a significant influence between learning interest and student learning outcomes in Indonesian Language Subjects in online learning during the Covid-19 pandemic on participants. class X students at SMA Negeri 1 Jatibarang for the 2020/2021 academic year. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/866 Files in this item: 1
-
PARWATI, KIKI (October 20, 2021)[more][less]
Abstract: The aims of this study is to determine (1) how high the perception of students in the online learning process during the covid-19 pandemic, (2) how high the interesting of Indonesian language learning during the covid-19 pandemic, (3) is there any positive and significant relationship between students' perception of the online learning process and their interesting of Indonesian language learning during the covid-19 pandemic at SMK Nurul Islam Larangan. This research approach used a quantitative survey approach. The variables in this study are variable X (student perceptions of the online learning process) and variable Y (the interesting of Indonesian language learning during the covid-19 pandemic). The data collection techniques used a questionnaire consisting of 28 statements that have received validation from the validator, and documentation. The subjects in this study were grades X students of SMK Nurul Islam Larangan. The data analysis technique used validity test, reliability test, homogeneity test, correlation test, and coefficient of determination. The results showed that (1) the perception of studens in the online learning prosess is generally in the moderate category, namely the perception of students who are not too high or low, (2) the interesting of Indonesian language learning during the covid-19 pandemic is generally in the moderate category, namely the interesting learning students is not too high or low during the covid-19 pandemic, (3) there is a positive and significant relationship, and there is a strong or high relationship between the perception of students in the online learning process towards the interesting of Indonesia language learning during the covid-19 pandemic at SMK Nurul Islam Larangan, which means that if the perception of students in the online learning process is good, then the interesting learning during the covid-19 pandemic will also increase, conversely, if the perception of students in the online learning process is not good then the interesting learning students during the covid-19 pandemic also decreases. URI: http://192.168.252.215:8080/xmlui/handle/123456789/865 Files in this item: 1
88201170007_Kiki Parwati_PBSI.pdf (4.440Mb)
Now showing items 1-20 of 47
Next Page